NANGGUNG TODAY – Pemerintah Desa Kalongliud di Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor mulai direalisasikan sejumlah program yang telah direncanakan setahun sebelumnya. Program pertama yakni, tengah berlangsung rehab 100 unit rumah warga tidak mampu di Desa Kalongliud bantuan dari Program RTLH Dinas Tata bangunan dan Permukiman (DTBP) Kabupaten Bogor.

Kepala Desa Kalong Liud, Jani Nurjaman menjelaskan, program rehab rumah untuk warga tidak mampu saat ini sedang berjalan pembangunannya secara bertahap. “Adapun jumlah Total Pembangunan Rehabilitasi RTLH ini ada 100 Unit dan akan dilaksanakan pembangunan nya dua tahap, untuk tahap pertama ada 50 unit yang sedang dilaksanakan pembangunan nya oleh LPM Desa,” ujar Jani.

Untuk pembangunan RTLH, pihak Pemerintah Desa sendiri lebih mengedepankan memberdayakan dan melibatkan masyarakat agar ikut serta dalam membantu program pembangunan RTLH sehingga dapat terlaksana dengan optimal.

BACA JUGA :  Majalengka Diguncang Gempa Terkini M3,1, Terasa di Bandung Barat hingga Sumedang

“Jumlah data Base RTLH Desa Kalong Liud ada sekitar 352 unit Total keseluruhannya, Yang sudah dilaksanakan pembangunan nya sampai tahun 2017 ini sudah hampir 232 unit, Selain dari Pemkab Bogor PT. Antam UPBE Pongkor pun memberikan bantuan RTLH Sebanyak 10 Unit. Mudah – mudahan sisa data base RTLH sekitar 120 Unit ini ditargetkan selesai ditahun 2018 nanti,” harapnya.

Selain itu, Jani melanjutkan, ada beberapa program yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2017 sudah dilaksanakan pembangunannya yang tersebar disetiap titik dibeberapa Dusun hingga RW.

Program pembangunan Dana Desa dilakukkan di 13 titik diantaranya, peningkatan jalan lingkungan pertanian, rehabilitasi jembatan gantung penghubung dua Desa antara Kalongliud  dan Desa Leuwisadeng, saluran irigasi untuk mengairi 15 hektar Sawah petani.

“Juga pembangunan sarana air bersih dengan pola sumur bor, serta pembangunan rehabilitasi gedung Paud yang tersebar di 5 RW di Dusun tiga. Dan, saya berharap program pembangunan Dana Desa 2017 ini dapat meningkatkan roda perekonomian petani dan masyarakat,” beber Jani.

BACA JUGA :  Bencana Tanah Longsor di Lebak Kantin, Dedie Rachim: 18 Titik Bencana di Kota Bogor

Dengan pembangunan yang terus digenjot diberbagai sektor yang dilakukan Pemerintah Desa Kalongliud mampu mendobrak akses perekonomian masyarakat dibidang pertanian dan meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). “Disamping meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, juga mendongkrak peningkatan pendidikan masyarakat di Usia Dini,” pungkasnya.

Sekedar informasi, masyarakat Desa Kalongliud dapat bantuan rogram listrik masuk dsa (Lisdes) dengan menyasar 144 kepala keluarga (KK) yang tersebar di 6 RW tahun anggaran 2017. Sebelumnya, warga desa kalongliud puntelah mendapat bantuan program Lisdes sebanyak 185 KK ditahun 2016. “Alhamdulillah, kini warga sudah dapat merasakan manfaat program Lisdes dan sudah bebas dari gelap,” imbuhnya.

============================================================
============================================================
============================================================