BOGOR TODAY – Presiden Republik Indonesia, Joko WIdodo (Jokowi) menyerahkan secara simbolis 15.000 sertifikat tanah dari program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) pada empat Kecamatan di Kabupaten Bogor berlangsung di Sirkuit Sentul, Babakanmadang, Kabupaten Bogor pada Selasa, (6/3/2018).

Presiden Jokowi mengatakan, dahulu pemerintah hanya memberikan sertifikat sebanyak 500 ribu setiap tahun. Jumlah ini sangat minim dibandingkan dengan jumlah lahan yang belum bersertifikat. “Untuk itu pemerintah akan terus meningkatkan jumlah penerimah sertifikat lahan dari lima juta tahun lalu, tujuh juta tahun ini dan sembilan juta tahun depan,” ujar Jokowi.

BACA JUGA :  Kecelakaan Beruntun 2 Truk CPO dan Mobil di Sijunjung Tewaskan 2 Sopir

Presiden ingin segera memberikan sertifikat, karena tidak ingin ada lagi sengketa tanah. Ia berharap masalah klasik itu segera berakhir. “Kalau sudah pegang ini, sudah enggak bisa apa-apa. Yang saya dengar sengketa antara masyarakat dengan masyarakat, masyarakat dengan BUMN, karena rakyat tak pegang ini, kuncinya sertifikat,” ucapnya.

BACA JUGA :  Ini Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Jumat 22 Maret 2024

Sementara itu, Bupati Bogor, Nurhayanti mengatakan, Kabupaten Bogor telah melaksanakan program pendaftaran tanah sistematis lengkap berikut penertiban sertipikatnya sehingga hingga saat ini kurang lebih 61.882 bidang tanah yang tersebar di 4 (empat) Kecamatan Kabupaten Bogor, yakni Kecamatan tajurhalang, bojonggede, cibinong dan sukaraja telah terbit sertipikatnya dan diserahkan pada kesemptan ini.

============================================================
============================================================
============================================================