Ketua TP-PKK dan Camat Sukajaya Tinjau Langsung Pelatihan Kader PKK

SUKAJAYA TODAY – Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan Sukajaya, Nengsih yang didampingi Camat Sukajaya Zainandi bersama Kepala Desa Urug Ata Iskandar melakukan pembinaan kader kepada ibu – ibu Kepala Desa dan para kader PKK sekecamatan Sukajaya di halaman kantor Desa Urug Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor pada Kamis 29 Maret 2018.

Camat Sukajaya, Zainandi mengatakan, ibu – ibu kader TP – PKK serta ibu kepala desa sebagai ketua TP – PKK  yang ada di tingkat Desa Kecamatan Sukajaya  agar dapat menggali potensi keunggulan wilayahnya masing-masing. Berkenaan dengan fungsinya sebagai Ketua TP-PKK istri kepala desa tersebut diharapkan ikut membantu mengelola dan mengembangkan sumber daya alam wilayahnya, sehingga akan terasa manfaatnya dalam meningkatkan kesejahterakan ekonomi masyarakat di masing – masing Desa.

”Istri Kades harus pintar dan tahu program-program kerja suaminya sebagai kepala Desa. Cerdas membaca perkembangan dunia, teknologi dan kebutuhan pembangunan di kecamatan dan desa khususnya, sehingga TP – PKK ini akan dianggap penting keberadaanya oleh masyarakat,” ujar Zainandi kepada Publik Bogor.

BACA JUGA :  Ini Daftar 16 Atlet Indonesia di Olimpiade Paris 2024

Peran istri kepala desa sebagai Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP – PKK) bisa difungsikan sebagai media untuk mentransfer seluruh informasi tentang kegiatan pembangunan yang berkelanjutan sehingga dapat di manfaatkan oleh masyarakat desa.

”Dia harus banyak meluangkan waktu ke lapangan untuk meninjau sejauh mana kemajuan yang telah dicapai wilayahnya serta rajin memberikan informasi kepada masyarakat melalui kegiatan-kegiatan PKK,” katanya.

Menurut nya, masyarakat harus tahu, kalau pencapaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kecamatan Sukajaya  sejatinya bisa dirasakan dengan adanya andil dan peran PKK untuk mendukung percepatan peningkatan poin IPM pada bidang kesehatan dan pendidikan di Kabupaten Bogor.

“Tidak hanya bidang kesehatan dan pendidikan saja, sepuluh program PKK tingkat kabupaten bogor, yang saat ini sedang dilakukan pembinaan seperti halnya program rumah sehat, posyandu Paud terintergrasi, pengembangan rumah batik urug, pengembangan wisata budaya adat urug, pengembangan UMKM dengan ciri khas makanan tradisional di Desa Urug juga nantinya dapat mendongkrak Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sehingga daya beli ekonomi masyarakat dapat meningkat,”terangnya.

BACA JUGA :  Jelang Pensiun Wali Kota Bogor, Bima Arya Tinjau Dua Rumah Penerima RTLH

lanjut Zainandi menjelaskan, indikator pendidikan, kesehatan dan daya beli untuk peningkatan IPM ini termasuk dalam cakupan 10 Program PKK. “Saya harap peran serta ibu kades serta kader PKK dapat juga bisa berperan sebagai mediator informasi pada masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua TP – PKK Kecamatan Sukajaya, Nengsih mengatakan, untuk memupuk kebersamaan dalam memajukan pembangunan di wilayah Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor, setiap keberhasilan di suatu Desa,  harus diapresiasi dan dijadikan motivasi Desa lainnya untuk bisa  memberdayakan potensi yang ada diwilayahnya.

============================================================
============================================================
============================================================