Hari Raya idul adha merupakan salah satu perayaan besar bagi umat muslim di seluruh dunia. Perayaan ini identik dengan pemotongan hewan kurban berupa sapi, domba, ataupun kambing yang kemudian dibagikan secara merata kepada masyarakat, utamanya yang kurang mampu.

Daging sapi, kambing, dan domba diketahui mengandung banyak nutrisi, termasuk tinggi protein yang berperan dalam pembentukan otot dan fungsi otak. Selain itu, daging merah juga kaya akan zat besi yang memiliki fungsi dalam pembentukan sel darah merah di dalam tubuh.

Baca Juga :  Sambangi Korban Kebakaran, Dinsos Beri Bantuan

Meski kaya akan nutrisi, daging merah juga tinggi lemak sehingga jika dikonsumsi secara berlebihan tidak baik bagi kesehatan. Terlalu banyak mengkonsumsi daging merah dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah, serta diabetes. Salah satu keluhan yang paling sering terjadi setelah mengkonsumsi daging kurban adalah kepala terasa pusing dan sembelit (konstipasi).

Baca Juga :  12 Kendaraan Motor yang Diamuk Penagih Utang Diamankan Polsek Cisarua

Merayakan Idul adha, sering kali konsumsi daging menjadi lebih banyak daripada biasanya. Supaya terhindar dari sejumlah gangguan kesehatan, berikut beberapa kiat sehat dan aman konsumsi daging kurban :

1. Cuci bersih daging

Halaman:
« 1 2 | Selanjutnya › » Semua