Hindari mengonsumsi daging kurban terlalu banyak dalam waktu singkat. Langsung mengolah semua daging kurban memang ide yang menggiurkan, tapi sebaiknya daging dibagi ke dalam beberapa porsi. Lalu beberapa bagiannya disimpan di lemari pendingin atau freezer sehingga bisa dikonsumsi lagi di kemudian hari. Umumnya, daging kurban dapat bertahan hingga 3 hari di lemari pendingin dan 3 bulan di freezer.

3. Perhatikan cara memasak daging

Pastikan daging dimasak hingga matang sempurna. Memasak daging dengan cara dibuat sup (direbus) atau sate lebih baik daripada digoreng dalam minyak banyak atau menambahkan santan menjadi gulai. Daging yang digoreng atau menggunakan santan yang terlalu banyak dapat meningkatkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh.

BACA JUGA :  Kompetisi Mobil RC, Salurkan Hobi di Bulan Ramadan

4. Hindari jeroan

Bagi yang bermasalah dengan kolesterol tinggi, tetap bisa menikmati daging kurban selama tidak makan jeroan seperti usus, limpa, babat, atau torpedo karena semuanya mengandung kolesterol yang lebih tinggi dibandingkan dengan daging.

5. Imbangi dengan sayur dan buah

Memang Idul adha hanya setahun sekali, tapi bukan berarti boleh makan daging sebanyak yang Anda mau. Tetap batasi porsi makan dan selalu imbangi dengan konsumsi sayur dan buah yang (lebih) banyak. Vitamin dan mineral untuk mengurangi efek samping konsumsi daging berlebihan.

6. Minum air yang cukup

Agar terhindar dari sembelit saat Idul adha, selain mengonsumsi sayur dan buah, sangat dianjurkan untuk tetap menjaga hidrasi tubuh dengan minum air putih minimal 2 liter atau 8 gelas dalam sehari. Batasi asupan minuman yang mengandung kalori tinggi seperti sirop dan teh manis.

BACA JUGA :  Susu Kurma Bisa Bantu Diet? Ini Dia Kandungan dan Manfaatnya

7. Olahraga ringan

Meski Idul adha adalah hari libur, tapi latihan fisik tidak harus libur. Lakukan olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang seperti berjalan cepat, berlari, atau bersepeda untuk membakar kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Tak perlu takut untuk mengonsumsi daging kurban selama tidak berlebihan dan perhatikan cara pengolahannya. Dengan mengikuti kiat – kiat di atas, Anda akan tetap bisa menikmati berbagai santapan daging kurban secara sehat dan aman. (net)

 

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================