YOGYAKARTA TODAY – Aktivitas vulkanik Gunung Merapi meningkat dan menyebabkan hujan abu sempat mengguyur wilayah Klaten. Untuk mengatisipasi abu Merapi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY menyiapkan 30.000 masker.

“BPBD DIY menyiapkan 30.000 masker ditambah dari BPBD Sleman, Dinkes DIY dan Sleman serta puksesmas-puskesmas di wilayah Sleman,” kata Kepala Pelaksana BPBD DIY Biwara Yuswantana, Minggu (6/1/2019) petang.

BACA JUGA :  DARI PREMAN TERMINAL, SEKDES HINGGA ANGGOTA DPRD PROVINSI JABAR

Selain menyiapkan masker, BPBD secara rutin juga mengecek kesiapan early warning sistem (EWS) termasuk memperbaiki jalur evakuasi.

“Sampai saat ini Merapi masih Mandali (aman dan terkendali). Guguran lava terjadi Jumat malam, dan mengeluarkan abu tipis. Tapi masih stabil, belum ada perkembangan signifikan, sehingga statusnya masih level 2 atau waspada,” kata Biwara.

BACA JUGA :  Menu Makan Malam dengan Tumis Buncis dan Wortel yang Renyah dan Sedap

Menurutnya, sejauh ini BPBD DIY dan Sleman terus melakukan upaya meningkatkan kewaspadaan masyarakat. Komunikasi dan peran posko terus ditingkatkan agar ketika ada informasi penting, cepat sampai ke masyarakat dan komponen penanggulangan bencana.

============================================================
============================================================
============================================================