CIOMAS TODAY – Siswa siswi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Al-Ikhlas Bukit Asri, Ciomas bertolak ke peternakan ayam milik Misdi. Tujuannya untuk, melanjutkan tema kegiatan belajar di sekolah. Tempat tersebut hanya terletak beberapa blok saja dari sekolah.

“Kegiatan tersebut merupakan bagian dari kurikulum 2013. Dengan konsep saintifik dan sistem tematik. Seluruh murid diarahkan kepada pola berpikir kritis dan pembelajaran bertahap,” ujar Kepala Sekolah Al-Ikhlas, Raka.

Kali ini, mereka (siswa siswi PAUD, red) tengah mempelajari tema binatang. Sub tema kali ini adalah ayam. Setelah mempelajari teori seputar ayam minggu lalu, para murid melakukan praktiknya pagi hari pada 25 Februari 2019, tujuannya adalah memberikan pemahaman secara utuh dalam tema tersebut.

“Dibimbing oleh beberapa guru, siswa dan siswi PAUD Al-Ikhlas tiba di tempat sekitar pukul 08.40. Siswa dan siswi dibagi dalam 2 kelompok. Satu kelompok siswa berjumlah sekitar 2/3 kelas,” kata Raka.

Salah satu tujuan kegiatan tersebut adalah para murid belajar sedikit hal tentang jurnalistik. “Mereka diberikan waktu mengobservasi tempat untuk dipersilahkan bertanya mengenai hal-hal yang belum diketahui,” ungkapnya.

Murid pun tampak antusias mendengarkan paparan dari Misdi, pemilik peternakan, mereka pun mulai melontarkan pertanyaan kepada pemilik ternak dijawab oleh Misdi secara perlahan dan jelas.“Peternakan ini baru dibuka pada Ramadhan lalu. Selain Ayam, saya juga membuka peternakan Ikan,” ungkap Misdi.

Selesai kegiatan, para murid diberikan waktu kembali untuk mengobservasi sebelum bergantian dengan kelompok lain. (Faris / PPL UIKA)