BOGOR TODAY – Tinggi muka air di Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat, berangsur normal pada pagi tadi, Jum’at (26/04/2019). Tercatat, tinggi air di bendungan peninggalan jaman kolonial Belanda itu berada di angka 80 sentimeter.

Kepala Jaga Bendung Katulampa Andi Sudirman mengatakan, meski begitu dirinya mengimbau untuk tetap waspada mengingat wilayah Bogor diprediksi akan turun hujan.

Andi menambahkan, naik atau turunnya tinggi air di Katulampa dipengaruhi oleh curah hujan di wilayah Puncak, Bogor, atau hulu Sungai Ciliwung.

BACA JUGA :  Menu Makan Siang dengan Cumi Bakar Bumbu Nanas dengan Bumbu Asam Segar yang Meresap

Kata Andi, selama Bogor mengalami musim hujan, potensi meluapnya permukaan Sungai Ciliwung akan tetap ada.

“Jadi kalau di daerah hulu Ciliwung (Puncak) hujan, ya berpengaruh tinggi air di sini (Bendung Katulampa),” tuturnya.

Sebelumnya, Bendung Katulampa sempat berstatus siaga 1 pada pukul 20.28 WIB, Kamis (25/4/2019). Tinggi muka air pada saat itu menembus 220 sentimeter. Meski tinggi air sempat turun di malam itu, tapi tidak bertahan lama. Pukul 23.00 WIB, tinggi muka air di Katulampa menembus angka 250 sentimeter atau kembali berstatus siaga 1. Bahkan, air kiriman dari Bendung Katulampa sudah sampai ke Jakarta dan merendam ratusan rumah di wilayah Jakarta. (net)

BACA JUGA :  Pemkab Bogor Raih Penghargaan Terbaik Pertama Standar Pelayanan Minimal (SPM) Awards Tahun 2024 Tingkat Nasional
Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================