Sudah tidak perlu diragukan lagi, ikan merupakan salah satu sumber protein yang baik bagi tubuh. Selain dari lautan, perairan air tawar juga menghasilkan ikan yang tak kalah lezat sebagai santapan sehari-hari. Namun di antara ikan air tawar dan ikan laut, mana yang paling kaya kandungan gizinya, ya?

Apa perbedaan ikan air laut dan ikan air tawar?

Sebelum menelaah kandungan gizinya, sudah tahukah Anda apa perbedaan utama antara ikan laut dan ikan air tawar? Memang sama-sama hidup di air, tapi ternyata kedua kelompok ikan ini punya ciri khas yang membedakannya satu sama lain.

BACA JUGA :  Menu Makan Siang dengan Ayam Kecap dan Telur Spesial yang Lezat dan Sedap Bikin Keluarga Ketagihan

Sesuai dengan namanya, ikan laut hidup di lautan yang penuh dengan gelombang dan arus deras. Itu sebabnya, struktur duri yang dimiliki ikan laut cenderung lebih keras dan kuat. Akan tetapi, tidak demikian dengan ikan air tawar justru sebaliknya.

Arus yang lebih lambat atau tidak terlalu kencang sudah menjadi habitat sehari-hari ikan jenis ini. Itulah mengapa duri pada ikan air tawar biasanya lebih kecil dan tidak sebesar ikan air laut. Sementara dari segi rasa, banyak yang menganggap bahwa ikan laut punya cita rasa alami yang lebih gurih ketimbang ikan air tawar.

BACA JUGA :  Wajib Tahu, Ini Dia 12 Khasiat Bunga Pepaya untuk Kesehatan

Mana yang lebih bergizi antara ikan air tawar dan ikan laut?

Sebagai kelompok ikan-ikanan, sebenarnya baik ikan air tawar dan ikan laut sama-sama kaya akan kandungan gizi di dalamnya. Hanya saja, jumlahnya mungkin berbeda antara kedua kelompok ikan ini.

Prof Ir Ahmad Sulaeman, PhD, selaku guru besar bidang Keamanan Pangan dan Gizi, di Fakultas Ekologi Institut Pertanian Bogor (IPB), menjelaskan mengenai hal ini. Menurutnya, ikan laut punya beberapa kandungan gizi yang dinilai lebih tinggi dibandingkan dengan ikan air tawar.

============================================================
============================================================
============================================================