Masalah jerawat memang selalu menjadi perhatian tersendiri bagi kaum perempuan. Selain mengganggu estetika wajah, jerawat kerap menimbulkan rasa tidak nyaman di area wajah. Duh, kalau sudah begini rasanya ingin segera “membasmi”nya dengan cepat ya dear. Bagi kamu yang punya masalah serius dengan jerawat, Cosmo punya beberapa cara yang bisa kamu andalkan untuk menghilangkan masalah jerawat dalam waktu 3 hari saja. Ya, 3 hari saja ladies! Jadi, mari baca triknya di bawah ini yuk:

  1. Bersihkan Wajah Secara Maksimal

Salah satu penyebab utama timbulnya jerawat bisa jadi karena kurangnya menjaga kebersihan area wajahmu. Minyak, sisa makeup, dan kotoran yang menempel di wajahmu berpotensi menimbulkan jerawat apabila tidak dibersihkan secara maksimal. Untuk kamu yang terlanjur memiliki masalah jerawat, maka usahakan agar tidak melewatkan step satu ini ya ladies. Kamu bisa mencoba teknik double cleansing, dengan menggunakan micellar water atau cleansing oil untuk membersihkan makeupdan debu. Lalu lanjutkan step kedua dengan membilas wajahmu dengan menggunakan face wash yang mengandung salicylic acid atau benzoyl peroxide untuk mengobati masalah jerawatmu. Bersihkan wajah dengan gerakan memutar yang lembut ya dear, untuk mencegah efek iritasi pada area jerawatmu.

  1. Kompres Jerawat dengan Es Batu

Praktis dan memiliki banyak manfaat bagi kulit, es batu mampu memberikan efek cooling pada area yang sedang berjerawat. Es batu juga mampu meminimalisir pembuluh darah yang meradang sehingga efektif untuk mengempeskan jerawat dengan cepat. Eittss meski praktis, ada baiknya kamu tidak langsung menempelkan es batu ke area kulitmu ya, ladies. Hal ini justru akan membuat kulit menjadi sensitif dan memerah karenanya. Sebaiknya kamu bungkus terlebih dahulu es batu menggunakan handuk atau kain bersih sebelum di kompres ke area jerawat.

BACA JUGA :  Bocah 4 Tahun di Lampung Dicabuli saat Kejar Kucing Masuk Rumah Tetangga

 

  1. Gunakan Produk yang Mengandung Tea Tree

Tea tree telah lama dipercaya sebagai salah satu ingredient yang efektif dalam melawan jerawat. Hal ini karena kandungan anti bakteri di dalamnya yang mampu meredakan iritasi karena jerawat. Jadi ketika jerawat muncul, kamu bisa mencoba menggunakan produk-produk yang mengandung tea tree sebagai bagian dari skincare kamu. Entah itu dalam bentuk masker, lotion, ataupun face wash. Selain itu tea tree juga merupakan bahan alami yang minim dampak negatif bagi wajahmu.

 

  1. Lembapkan Kulit dengan Aloe Vera Gel

Sebagai salah satu most-on-demand-skincare saat ini, Aloe vera gel memang memiliki berbagai benefit yang baik bagi kulit berjerawat. Dengan tekstur gel-nya yang cepat menyerap di kulit, aloe vera gel sendiri bisa kamu andalkan sebagai pelembap bagi kulit berjerawatmu. Hmmm, jadi meski tipe kulitmu kombinasi ataupun berminyak kamu tetap butuh pelembap lho agar kulit wajahmu tetap sehat dan tidak kering. Kamu juga bisa menggunakan aloe vera gel sebagai campuran toner untuk disemprotkan ke area wajah yang berjerawat, dear.

  1. Coba Masker Wajah dengan Lemon
BACA JUGA :  Bantu Turunkan Berat Badan dengan Rutin Minum Jus Apel, Benarkah? Simak Ini

Cara jitu berikutnya untuk menghilangkan jerawat dalam waktu 3 hari adalah dengan mencoba masker wajah menggunakan lemon. Kandungan asam dalam lemon mampu mengurangi minyak dan kemerahan di wajah. Zat citric acid di dalamnya juga berperan sebagai agen yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Kamu bisa mencoba masker lemon dengan cara mencampurkan perasan air lemon dengan 2 sendok makan madu. Oleskan lemon dan madu secara menyeluruh ke wajah selama 10 -15 menit, lalu bilas dengan menggunakan air hangat. Setelahnya jangan lupa gunakan pelembap ya!

 

  1. Hindari Junk Food dan Produk Makanan Olahan

Tidak hanya berasal dari luar, jerawat juga bisa timbul dari faktor internal tubuh kita semisal mengonsumsi makanan olahan, junk food, produk susu, dan makanan berlemak tinggi. Ada baiknya untuk mengurangi makanan tersebut selama kamu berjerawat. Sebab makanan di atas ternyata mampu menjadi salah satu pemicu timbulnya masalah baru pada kulit berjerawatmu. Perbanyak mengonsumsi makanan sehat seperti sayur, buah, dan gandum agar tubuhmu memperoleh gizi yang baik dan seimbang.(net)

 

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================