BOGOR TODAY – Transformasi perdagangan dunia tak lagi berkiblat ke negara barat tetapi Asia. Hal itu diungkap dalam Laporan’Asia’s Future is Now’ yang dirilis McKinsey Global Institute (MGI) pada Juli 2019. Perusahaan konsultan manajemen multinasional, menyebutkan perusahaan-perusahaan Asia mulai menunjukkan taringnya. Bahkan, perusahaan Asia masuk dalam jajaran perusahaan terbesar di dunia.

Hal tersebut juga diperkuat dengan pernyataan Fortune Global yang melansir bahwa 210 dari 500 perusahaan terbesar di dunia berasal dari Asia. Pangsa pasar perusahaan itu juga meningkat dari 19 persen menjadi 30 persen dalam dua dekade terakhir.

BACA JUGA :  Jadwal dan Lokasi SIM Keliling di Kota Bogor, Sabtu 23 Maret 2024

“Perubahan peran Asia dalam industri bernilai tambah mencerminkan kecepatan evolusi dari ekosistem perusahaan di kawasan itu,” tulis McKinsey Global Institute dalam laporan bertajuk Asia’s Future is now yang dirilis pada Juli 2019.

Perusahaan-perusahaan Asia juga mulai mendominasi. Buktinya, dari 5.000 perusahaan global terbesar, 43 persen di antaranya diwakili oleh perusahaan-perusahaan Asia pada 2017. Angka itu meningkat drastis dibandingkan tahun 1997 lalu yang hanya berkisar 36 persen.

Menariknya, komposisi negara asal perusahaan besar itu juga ikut berubah. Sejauh ini, China menjadi negara yang paling banyak menelurkan perusahaan kelas kakap. Namun, belakangan muncul beberapa negara baru dengan perusahaan-perusahaan raksasanya, seperti India, Filipina, Vietnam, dan Bangladesh.

BACA JUGA :  Menu Sahur dengan Sup Miso Tofu Bayam yang Simple dan Lezat

Sebaliknya, korporasi asal Jepang malah mencatat pelemahan. Maklum, McKinsey menilai perusahaan-perusahaan Asia memimpin pasar global dengan sektor usaha teknologi, keuangan dan logistik. Sementara Jepang, selama ini dikenal maju dalam bidang otomotif.

“Selama 20 tahun terakhir, ekonomi Asia telah berevolusi. Campuran industri dari perusahaan-perusahaan terbesar di kawasan Asia pun bergeser,” terang laporan tersebut.

============================================================
============================================================
============================================================