Sekitar 829.000 jiwa diprediksi meninggal setiap tahun akibat terjangkit diare karena air minum yang tidak terjaga, sanitasi, dan kebersihan tangan. Walaupun diare dapat dicegah, tapi tidak memungkinkan apabila kebersihan termasuk air tidak di jaga dengan baik.

Masih banyak masyarakat yang menganggap mencuci tangan bukan menjadi prioritas banyak orang ketika air tidak tersedia sehingga menambah kemungkinan terkena diare dan penyakit lainnya. Berikut ini penyakit yang timbul akibat mengkonsumsi air tidak bersih :

BACA JUGA :  Sajian Praktis untuk Keluarga, Bakmi Goreng Korea yang Lezat dan Gurih Bikin Nagih

1.Gondokan                                                                                                                                      

Penyakit ini bisa dikatakan sebagai penyakit endemik, dimana jika air di suatu tempat memiliki kadar garam yang tinggi dapat menyebabkan masyarakatnya banyak yang terkena penyakit ini dan sangat berbahaya .

2.Filariasis (kaki gajah)

Bisa terjangkit akibat kondisi air di suatu daerah cukup kotor dan nyamuk banyak yang berkembangbiak di dalam air tersebut. Selain itu, malaria, cikungunya, dan demam berdarah juga dapat ditularkan melalui nyamuk yang berkembangbiak di air kotor, oleh karena itu sangatlah penting untuk membuang air yang menggenang di ember/ban-ban bekas pakai.

BACA JUGA :  Tape Ketan Ternyata Miliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan, Simak Ini

(Sherin/liputan 6)

 

============================================================
============================================================
============================================================