JAKARTA TODAY– Tahukah kamu bahwa buah pomelo (jeruk bali), ternyata memiliki cukup banyak manfaat bagi kecantikan dan kesehatan tubuh, Jeruk bali dapat dikonsumsi dengan dimakan langsung atau dijus. Selain dikonsumsi, pomelo juga dapat digunakan untuk pemakaian luar, seperti dijadikan masker rambut. Seperti dikutip dari Fashion Lady, berikut ini delapan manfaat buah pomelo (jeruk bali).

1.Kulit yang Lebih Sehat dan Lebih Muda

Buah pomelo mengandung banyak vitamin, salah satunya vitamin A yang dapat membantu memperbaiki peredaran darah pada tubuh. Peredaran darah yang lancar dapat mengurangi keriput. Selain itu, mengonsumsi jeruk bali dengan rutin dapat meningkatkan jumlah produksi kolagen dalam tubuh sehingga kulit tidak akan kehilangan elastisitasnya.

2.Memperbaiki Kondisi Kulit

Jeruk bali juga terkenal akan manfaatnya untuk membantu proses regenerasi sel dan memperbaiki kondisi kulit. Selain perawatan dari dalam, buah pomelo juga dapat digunakan sebagai perawatan luar. Caranya adalah dengan mengaplikasikan sari buah pomelo pada kulit selama 10 menit sebelum mandi. Setelahnya, kulit akan mendapatkan perlindungan natural dari bahaya sinar UV. Bahkan jika ada luka sekalipun, cara ini dapat menyembuhkannya.

BACA JUGA :  RSUD Leuwiliang Tebar Sembako Kepada Seluruh Karyawan

3.Membantu Melawan Jerawat

Jeruk bali sangat baik dikonsumsi, khususnya bagi orang-orang yang berjerawat. Hal ini dikarenakan jeruk bali dapat meningkatkan produksi melanin pada tubuh. Selain itu, buah yang sebenarnya bukan berasal dari Bali ini dapat membantu melawan pigmentasi dan flek-flek pada wajah. Buah pomelo juga berkhasiat untuk mengurangi produksi sebum pada kulit, sehingga dapat mengurangi jerawat pada wajah.

4.Memperlambat Penuaan

Anti Oksidan yang terkandung dalam jeruk bali dapat menghalangi radikal bebas yang mempercepat kulit mengalami penuaan. Jeruk bali dapat meningkatkan produksi kolagen yang dapat membuat kulit menjadi tidak kering dan keriput.

5.Menutrisi Rambut

Untuk rambut, kamu dapat menggunakan jeruk bali dengan cara dikonsumsi atau dijadikan masker. Sari jeruk bali mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh rambut, sehingga dapat membuat kulit kepala menjadi lebih sehat. Kandungan zat besi, kalsium, dan belerang dalam jeruk bali dapat membuat rambut tumbuh dengan lebih tebal. Gunakan masker rambut jeruk bali ini seminggu tiga kali selama 30 menit, lalu bilas dengan air dingin.

BACA JUGA :  Ini Lokasi SIM Keliling di Kota Bogor, Rabu 27 Maret 2024

6.Menghilangkan Ketombe

Selain dapat dikonsumsi dan dijadikan masker, sari buah pomelo juga dapat dijadikan pencuci rambut untuk menghilangkan ketombe. Jeruk bali dapat menutrisi dan melembabkan akar rambut. Kandungan vitamin C nya membuat rambut terbebas dari kekeringan, ketombe, bakteri dan juga menenangkan kulit kepala.

7.Menebalkan Rambut

Untuk menebalkan rambut, kamu bisa menggunakan secangkir sari buah pomelo untuk keramas setiap tiga kali seminggu. Setelahnya rambutmu akan lebih ternutrisi dan vitamin C nya dapat membantu melawan serangan radikal bebas.

8.Melawan ISK

Infeksi Saluran Kemih (ISK) adalah penyakit yang paling sering dialami, khususnya oleh para wanita. ISK bisa menjadi sangat menyakitkan. Namun dengan bantuan vitamin C yang terkandung pada buah jeruk bali dapat meningkatkan kadar asam yang dapat menghentikan bakteri ISK.(Detik.Net)

============================================================
============================================================
============================================================