NEW YORK TODAY – Wakil Presiden, Jusuf Kalla, berharap Presiden, Joko Widodo, dapat menghadiri Sidang Umum PBB di periode keduanya. Menurutnya, banyak yang menanyakan keberadaan Jokowi.

“Semua menanyakan, ‘mana Pak Joko?’,” kata JK di Markas PBB, New York, Amerika Serikat, Jumat (27/9/2019).

Selama periode 2014-2019, Jokowi selalu menugaskan JK untuk menghadiri Sidang Majelis Umum PBB. Tahun ini, JK mengatakan sebenarnya Jokowi diharapkan hadir.

Baca Juga :  Imbas Pengetatan Kegiatan Masyarakat, Ratusan Taksi Dialihfungsikan Menjadi Media Tanam

“Sebenarnya kita berharap tahun ini beliau hadir tapi karena kesibukan dalam negeri, saya yang pergi mewakili beliau,” ungkapnya.

Saat General Debate Sidang Majelis Umum PBB, urutan pidato pemimpin negara ditentukan oleh tingkatannya. Para presiden akan lebih dahulu pidato dibanding wakil presiden.

“Kalau Pak Jokowi, pasti hari pertama berbicara. Saya baru hari ketiga berbicara,” ucap JK.

Baca Juga :  138 Warga Desa Mekarjaya Jasinga Terima BLT Tahap Empat

Dikutip dari Detik.com, general Debate Sidang Majelis Umum ke-74 dimulai sejak Selasa (24/9). JK baru mendapatkan kesempatan pidato pada hari ini. General Debate ini merupakan panggung untuk para pemimpin negara berpidato.

“Walaupun kita wakil presiden dari negara yang sangat besar, itu ada presiden yang negaranya hanya 50 ribu, dia duluan juga berbicara,” papar JK.