JAKARTA – Kerap jadi pelengkap steak, mashed potato sangat digemari banyak orang. Ada rahasia membuat mashed potato gurih, lembut, dan creamy.

Mashed potato atau kentang tumbuk buatan restoran begitu menggugah selera. Teksturnya lembut sekaligus padat dengan rasa gurih creamy. Mashed potato sebenarnya bisa dibuat sendiri di rumah dengan memperhatikan beberapa trik.

Mulai dari memilih kentang yang bagus, cara memasaknya, alat masak yang Anda gunakan, sampai bumbu dan bahan-bahan yang ditambahkan. Dikutip dari Detik.com, Inilah 12 rahasia agar mashed potato bikinan sendiri lebih enak.

  1. Pilih jenis kentang yang tepat

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih bahan terbaik untuk membuat mashed potato. Dua jenis kentang terbaik untuk membuat mashed potato adalah kentang jenis russet dan yukon gold (atau kentang kuning), karena memiliki kulit yang tipis dan halus, juga warna kentang yang kuning. Jangan pernah Anda menggunakan jenis kentang merah, karena kentang jenis ini lebih cocok dipakai untuk salad.

  1. Cara memasak yang benar

Hal kedua yang harus diperhatikan yaitu cara memasaknya. Anda harus merebus kentang dengan benar. Tidak hanya seperti merebus air, tapi kentang ini harus direbus dengan cara yang benar. Kentang harus dipotong satu ukuran agar matang secara merata.

BACA JUGA :  Pemkab Bogor Berkomitmen Tingkatkan Nilai MCP Pada Tahun 2024

Dan jangan tunggu air mendidih terlebih dahulu, tapi Anda harus langsung memasukkan kentang ke dalam air yang masih dingin. Ini agar membuat temperaturnya sama. Jangan lupa untuk menambahkan garam secukupnya agar menambah cita rasa dari kentang.

  1. Hindari food processor

Mashed potato harus memiliki tekstur yang creamy dan lembut. Alasan mengapa kentang Anda lengket saat dihancurkan karena proses penghancuran yang salah.

Ini bisa dipicu karena mesin yg digunakan untuk menghancurkan kentang adalah pilihan yang salah. Walaupun dalam jumlah besar, pemakaian food processor dan mixer tangan bukan solusi yang baik karena menggunakan food processor karena dapat membuat kentang berair. Mungkin bisa menggunakan mixer tangan, namun atur kecepatannya dengan kecepatan yang kecil saja, agar konsistensi teksturnya terjaga.

  1. Gunakan alat yang benar

Setelah mengetahui alat seperti apa yang tidak boleh digunakan, kali ini adalah alat yang cocok untuk digunakan agar kentang mendapatkan hasil tumbukan yang sempurna.

Anda harus gunakan alat khusus untuk menghancurkan kentang agar hasilnya maksimal. Anda sebaiknya tidak menggunakan food processor karena akan menghilangkan sari pati dari kentang itu sendiri.

  1. Jaga kentang agar tetap lembut
BACA JUGA :  Cara Membuat Sambal Kacang Gorengan yang Pedas dan Gurih

Jika yang Anda inginkan adalah kentang tumbuk (mashed potato) yang halus sempurna, langkah berikut ini bisa Anda tiru.

Pertama-tama, setelah Anda merebus kentang, tiriskan air dari panci (gunakan saringan untuk mengeluarkan air sebanyak mungkin). Kemudian kembalikan kentang yang sudah dikeringkan ke panci yang sama tanpa ditutup.

Lalu kukus sebentar agar benar-benar tidak ada kandungan air pada kentang. Setelah ditiriskan dan benar-benar kering, taburkan baking powder secukupnya. Baking powder membantu kentang Anda lebih lembut.

  1. Tambahkan mentega leleh

Saat membuat mashed potato mungkin yang Anda tambahkan hanyalah mentega biasa tanpa dilelehkan terlebih dahulu. Itu salah jika Anda menginginkan hasil mashed potato yang enak.

Selain mentega leleh, tambahkan juga susu yang sudah dipanaskan. Ingat, menurut Diane Morgan seorang chef dan penulis buku resep masakan, untuk hasil terbaik gunakan wajan atau panci yang berbeda dalam melelehkan mentega serta memanaskan susu.

============================================================
============================================================
============================================================