KUNINGAN TODAY – Petugas gabungan dan relawan berhasil memadamkan kebakaran hutan dan lahan yang melanda kawasan Gunung Ciremai, Jawa Barat.

“Api dinyatakan padam pada Selasa (29/10/2019) pukul 18.00 WIB kemarin,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, Agus Mauludin, Rabu (30/10/2019).

Agus mengatakan petugas telah menyisir kawasan Blok Sigibirig, Desa Setianegara, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, yang terbakar untuk memastikan tidak ada lagi bara api dan kepulan asap. Langkah tersebut dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran susulan.

BACA JUGA :  5 Penyebab Kena Diare Setelah Lebaran

“Pos taktis dan pos pantau telah kami tutup. Untuk vegetasi yang terbakar itu ada pohon pinus, kopi, kaliandra, dan tumbuhan liar lainnya,” kata Agus.

Menurut Agus, petugas gabungan yang dilibatkan dalam proses pemadaman di antaranya BPBD Kuningan, Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), TNI, Polri, dan sejumlah tim relawan. Ia tak menampik selama proses pemadaman menemui berbagai kendala, seperti arah angin yang berubah-ubah dan besar serta medan yang terjal.

Dikutip dari Detik.com, seperti diberitakan sebelumnya, petugas menerima laporan adanya kebakaran pada Senin (28/10/2019) pagi. Api melahap kawasan Blok Sigibirig, Desa Setianegara, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan. Api sempat meluas karena kondisi angin yang kencang dan berubah-ubah.

BACA JUGA :  Menu Tanggal Tua, Kacang Panjang Tumis Telur yang Murah dan Praktis

Staf Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Kuningan Yayat Sudrajat menyebutkan api menyebar di beberapa titik. “Api kemarin besar, sekarang sudah beberapa titik padam. Luasan bertambah yang terbakar, angka pastinya kurang tahu. Kemungkinan hingga 100 hektare,” kata Yayat di Pos Gegerhalang Desa Setianegara, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jabar, Selasa (29/10/2019).(net)

============================================================
============================================================
============================================================