JAKARTA TODAY – Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi Jawa Barat (Disperkim JaBar), terus melakukan kajian komprehensif dan ekstensi pemindahan pusat pemerintahan Jawa Barat. Dari hasil Focus Group Discussion yang digelar, Pemprov Jabar sudah memiliki tiga daerah yang akan menjadi opsi lokasi pusat pemerintahan Jabar.

Lokasi tersebut di antaranya adalah Tegalluar (Kab. Bandung), Walini (Kab. Bandung Barat), dan Segitiga Rebana dan kawasan lainnya.

“Tujuan dari FGD, untuk memperoleh masukan dan pendapat secara menyeluruh terhadap rencana pemindahan Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Jawa Barat, sehingga dirumuskan kriteria dan indikator dalam penentuan kawasan tersebut,” ucap Kepala Disperkim Jabar Dicky Saromi, dalam keterangan siaran pers, Kamis, (3/10/2019).

BACA JUGA :  Hanya Pakai 3 Bahan Dapur Bisa Bikin Kinclong Kerak Tungku Kompor! Simak Ini

Lebih lanjut, ada tiga hal yang melatarbelakangi FGD ini di antaranya langkah awal dalam penyusunan Kajian kawasan pusat pemerintahan Jabar. Lalu, melakukan pelibatan semua stakeholder terkait, mulai dari pemerintah daerah sampai pakar. Terakhir adalah kebutuhan akan data dan informasi yang lengkap.

Oleh karena itu, menurut Dicky, kajian yang komprehensif dan ekstensif perlu dilakukan secara intens. Apalagi salah satu tujuan pemindahan pusat pemerintahan adalah untuk menciptakan kemudahan pelayanan Pemprov Jabar kepada pemerintah kabupaten, kota, dan masyarakat.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Rabu 17 April 2024

“Kemudian, kita melihat perkembangan di Jabar dengan tumbuhnya jalan tol, industri, dan penduduk. Selain itu, daya dukung kota Bandung sekarang sudah mulai tergerus, mulai dari kepadatan lalu lintas, penduduk, dan sumber daya lainnya,” ucap Dicky.

============================================================
============================================================
============================================================