Hujan Lebat, Angin Kencang, Bakal Landa Jabodetabek Hari Ini

JAKARTA TODAY – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut hujan lebat disertai angin kencang kembali berpotensi terjadi hari ini di Jabodetabek dan beberapa wilayah Indonesia hari ini (14/11) dan besok (15/11).

Selain Jabodetabek, wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang, disertai kilat/petir yaitu Aceh, Jambi, Kep. Bangka Belitung, Jawa Barat, Jabodetabek, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Papua.

Selain itu, wilayah yang berpotensi hujan lebat di Indonesia yaitu Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kep. Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Yogyakarta, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara.

“Sedangkan pada Jumat (15/11) wilayah yang masih berpotensi hujan lebat disertai angin kencang, kilat/petir adalah Aceh, Jambi, Jawa Barat, Papua,” seperti tertulis dalam siaran pers yang diterima CNNIndonesia.com, Beberapa hari lalu

BACA JUGA :  Waspada Potensi Tsunami, Gunung Ruang Sitaro Kembali Status Awas Usai Erupsi

Sementara wilayah yang berpotensi hujan lebat adalah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Kalimantan Utara, Maluku.

Berdasarkan pantauan BMKG, potensi hujan dan angin kencang ini ditunjukkan dari munculnya massa udara basah di lapisan rendah atmosfer. Massa udara basah ini terkonsentrasi di sebagian besar Sumatera, sebagian besar Jawa, sebagian besar Kalimantan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Papua Barat bagian Utara dan Papua.

Selain itu, BMKG juga menyebut adanya Siklon Tropis Kalmaegi dengan kecepatan angin 35 knot di Samudera Pasifik di wilayah timur Filipina.

Sementara itu akun Twitter Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB) dalam cuitannya beberapa hari lalu menyebut angin puting beliung sempat terjadi di Kota Serang dan Kabupaten Tangerang, Beberapa Hari Lalu.

BACA JUGA :  Kecelakaan Maut di Klaten, Toyota Etios Tertabrak KA Argo Wilis

Angin puting beliung ini melanda empat kecamatan, yaitu Kecamatan Jambe (Kabupaten Tangerang), Kecamatan Curug, Kecamatan Cipocok Jaya, dan Kecamatan Cipocok (Kota Serang).

Akibat puting beliung ini puluhan rumah mengalami rusak berat, 5 rumah rusak sedang akibat tertimpa pohon, dan 22 rumah rusak ringan karena genting jatuh.

Selain itu 1 masjid rusak berat, 1 rumah sakit Pemda Kota Serang rusak berat, 1 mushola rusak sedang, dan terjadi kemacetan lalu lintas di jalan arah Serang. Seperti yang di kutip CNN Indonesia. (Viana/Pkl/net)

 

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================