JAKARTA TODAY – Saat hamil sering kali terjadi pendarahan terutama pada trimester pertama atau sekitar 12 minggu kehamilan. Tidak semua pendarahan perlu dikhawatirkan, tetapi bisa berakibat fatal jika tidak dikenali sejak dini.

Seperti yang dikutip oleh detikhealth, untuk itu perlu kenali penyebab dan tanda-tandanya. Berikut penyebab pendarahan saat hamil dirangkum dari Web MD:

1. Pendarahan Implantasi
Pendaran jenis ini biasanya kurang disadari oleh ibu hamil karena sering dianggap sebagai waktu menstruasi. Faktanya bercak ini bisa menjadi tanda awal kehamilan. Biasanya pendarahan ringan ini berlangsung selama 6-12 hari setelah pembuahan. Sehingga wajar jika masih banyak wanita yang belum menyadari masa kehamilannya.

BACA JUGA :  Santan Bahaya Jika Dipanaskan? Simak Ini, Jangan Sembarangan Panaskan Makanan

2. Keguguran
Pendarahan pada trimester pertama tidak selalu berarti keguguran. Bahkan jika detak jantung yang terlihat dengan USG, lebih dari 90 persen wanita yang mengalami pendarahan saat trimester pertama tidak akan keguguran. Namun, gejala keguguran sendiri adalah kram perut di bagian bawah dan jaringan yang melewati vagina.

3. Kehamilan Ektopik
Ini adalah kondisi ketika embrio yang dibuahi tumbuh di luar rahim, biasanya di tuba falopi. Jika embrio terus tumbuh, itu dapat menyebabkan tuba falopi pecah, yang dapat mengancam jiwa ibu. Gejalanya kram perut dan sakit kepala ringan.

BACA JUGA :  Gulai Nangka Muda Bumbu Kuning, Menu Makan Lezat dengan Aroma Menggugah Selera

4. Kehamilan Molar
Kehamilan semacam ini adalah kondisi di mana jaringan abnormal tumbuh di dalam rahim dan bukan bayi. Jaringan ini biasa ditemukan pada kasus kanker yang menyebar di rahim. Gejalanya mual dan muntah yang parah, serta pembesaran rahim yang cepat. Pemicu pendarahannya adalah perubahan serviks dan infeksi serviks sehingga darah mengalir ke serviks.

============================================================
============================================================
============================================================