CIBINONG TODAY – Kecanduan gadget yang marak terjadi belakangan ini di kalangan anak di bawah umur, harus menjadi perhatian serius dari para orang tua dan pemerintah. Di dunia internasional, idealnya anak baru diizinkan menggunakan gadget pada usia 12 tahun.

Pakar Parenting Indonesia, Irwan Rinaldi menyebut, usia 12 tahun merupakan masa dimana anak dianggap pada posisi terbaik. Baik dari pendengarannya, penglihatannya maupun dalam struktur otaknya.

BACA JUGA :  Bunuh Bayi yang Baru Dilahirkan, Siswi SMA di Cilacap Ditangkap

“Secara internasional, penggunaan gadget itu minimal untuk anak usia 12 tahun. Di beberapa negara sudah ada peraturannya. Cuma persoalannya negara kita belum punya sistem itu. Ya pelan-pelan saya yakin itu bisa dilaksanakan,” kata Irwan kepada wartawan, Rabu (20/11/2019).

Dalam kondisi seperti saat ini, Irwan menyebut peran orang tua, ibu dan bapak sangat diperlukan untuk mamanage dengan baik penggunaan gadget pada anak.

BACA JUGA :  Pasangan Jaro Ade - Anang Hermansyah Berpeluang Maju di Pilbup Bogor 2024

“Kita tidak bisa pungkiri, gadget juga banyak memberikan dampak positif dalam kehidupan kita. Namun yang harus diingat, perlu adanya aturan yang dilakukan orang tua untuk memanage anaknya,” ungkap Irwan.

============================================================
============================================================
============================================================