CALIFORNIA TODAYUranus dilaporkan mencapai oposisi pada Selasa, 28 Oktober 2019 pukul 04.00 EDT (15.00 WIB), yang berarti hampir berseberangan dengan matahari dari perspektif Bumi.

Tidak hanya ‘wajah’ Uranus yang sepenuhnya diterangi oleh sinar matahari, tetapi Uranus juga lebih dekat dengan Bumi daripada waktu lain sepanjang tahun.

Planet itu berada di titik terdekatnya dengan Bumi, yang disebut perigee, pada Minggu, 27 Oktober 2019, menurut situs EarthSky. Beberapa bulan lalu

BACA JUGA :  Cah Kangkung Ikan Asin, Menu Makan Sederhana saat Tanggal Tua

Untuk saat ini, Uranus masih akan terlihat sepanjang malam di langit timur saat matahari terbenam, menurut EarthSky. Untungnya, Bulan baru telah mencapai fase baru pada Minggu dan tidak akan mengaburkan cahaya Uranus di ufuk yang cerah.

Anda bisa melihat Uranus di konstelasi Aries antara kira-kira 20.00 hingga 05.30 waktu setempat, menurut In-the-Sky.org. Anda akan dapat melihatnya dengan teropong atau teleskop, tetapi dalam kondisi angkasa yang gelap dan sedikit (atau tak ada) gangguan atmosfer.

BACA JUGA :  Kecelakaan Truk Tronton Tabrak Toko-Rumah Warga Jepang Kudus, Diduga Rem Blong

Untuk menemukan Uranus, coba perhatikan ke timur untuk mendapatkan gugus bintang Pleiades –gugus bintang berbentuk V yang cerah di rasi bintang Taurus.

============================================================
============================================================
============================================================