JAKARTA TODAY – Vaksinasi Human Papilloma Virus (HPV) penting dilakukan sebelum menikah. Vaksin ini ditujukan untuk perempuan maupun laki-laki.

Vaksin HPV dapat mencegah perkembangan virus HPV menjadi sejumlah penyakit, mulai dari kutil hingga kanker serviks pada perempuan dan kanker alat kelamin pada laki-laki.

“Vaksin HPV dapat mencegah kanker serviks, satu-satunya kanker yang dapat dicegah,” kata perwakilan Yayasan Kanker Indonesia dokter Venita Eng dalam jumpa media Halodoc di Jakarta, Selasa (26/11).

BACA JUGA :  Baliho di Jalan Raya Sawangan Depok Roboh Diterjang Hujan Deras, Timpa Innova

Sebelum menikah, setiap perempuan dan laki-laki disarankan untuk melakukan vaksin HPV karena HPV dapat menular melalui hubungan seksual.

Vaksin HPV bagi laki-laki juga direkomendasikan karena laki-laki dapat membawa virus dan mengembangkan penyakit seperti kanker tenggorokan, kanker alat kelamin dan kutil kelamin.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Selasa 16 April 2024

Berikut sejumlah informasi mengenai ketentuan vaksin HPV.

Efektivitas

Menurut Venita, vaksin HPV paling efektif diberikan pada perempuan dan laki-laki pada usia remaja dengan periode terbaik saat usia 9-13 tahun.

Namun, vaksin yang diberikan setelah melewati usia remaja dan sebelum melakukan hubungan seksual juga tetap efektif selama diberikan sesuai dengan dosis.

============================================================
============================================================
============================================================