MAKASSAR TODAY – Pengumuman hasil masa sanggah verifikasi berkas pada seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) lingkup Pemprov Sulsel molor dari jadwal yang ditentukan sebelumnya. Sedianya penetapan kelulusan hasil seleksi administrasi diumumkan 26 Desember 2019, kemarin.

Kepala Bidang Perencanaan dan Informasi ASN BKD Pemprov Sulsel, Taufiq Akbar berkilah pihaknya saat ini masih sementara melakukan proses verifikasi berkas para pelamar. “Sementara dalam proses verifikasi sanggahan. Dalam waktu dekat akan kami sampaikan,” kata Taufiq kepada SINDOnews, kemarin.

Sebelumnya, Pemprov Sulsel baru mengumumkan 924 pelamar yang diinyatakan belum memenuhi syarat administrasi. Hal ini berdasarkan pengumuman panitia seleksi (pansel) CPNS bernomor: 800/7070/BKD yang diteken Ketua Pansel Seleksi CPNS Pemprov Sulsel, Abdul Hayat Gani per tanggal 12 Desember 2019.

Diketahui, jumlah pelamar via online CPNS lingkup Pemprov Sulsel mencapai 6.294 pendaftar. Dari hasil verifikasi dan validasi data serta dokumen yang dipersyaratkan, 5.352 pelamar lainnya ditetapkan telah memenuhi syarat administrasi.

BACA JUGA :  HALAL BIHALAL HANYA ADA DI INDONESIA DAN BANYAK MANFAATNYA

Namun hasil itu belum final. Pasalnya pemerintah masih menyediakan waktu buat para pelamar yang belum memenuhi syarat administrasi untuk komplain terkait hasil tersebut kepada panitia penyelenggara CPNS.

Proses tersebut dinamakan masa sanggah. “Pengumuman ini untuk memenuhi syarat dan tidak memenuhi syarat administrasi. Nantinya ada pengumuman lulus dan tidak lulus administrasi ini dari hasil masa sanggah,” ucap Taufik.

Hanya saja, dia belum mau membeberkan dari total 924 pelamar yang diinyatakan belum memenuhi syarat administrasi ini, berapa pelamar yang telah mengajukan sanggahan melalui portal SSCASN BKN. “Nanti kami akan sampaikan lebih lanjut. Biar kami selesaikan verifikasi dulu,” paparnya.

Sampai proses verifikasi berkas pelamar yang mengajukan sanggahan dinyatakan rampung, Taufiq pun belum bisa memastikan kapan jadwal pengumuman selanjutnya diumumkan.

Apalagi dia berdalih, akses portal di SSCASN BKN juga mengalami gangguan teknis. “Saya belum bisa pastikan. SSCN belum bisa mengakses,” tandas Taufik.

BACA JUGA :  Disambangi Partai Golkar, PPP Ingin Bergandeng Tangan Saat Pemilihan Bupati Bogor 2024

Sementara Kepala Kantor Regional (kanreg) IV Badan Kepegawaian Negara (BKN) Makassar, Harun Arsyad menambahkan, pengumuman verifikasi administrasi dari masa sanggah direncanakan baru diumumkan pada Jumat (27/12/2019) hari ini. “Jadi besok rencananya baru ada pengumumannya,” ucap Harun.

Dia mengatakan, pelamar yang tidak memenuhi syarat sebelumnya, bisa beralih status jadi memenuhi syarat administrasi dalam proses masa sanggah.

Jika kesalahan verifikasi administrasi berasal dari panitia penyelenggara setempat. “Kalau memang ada kesalahan verifikasi administrasi dari panitia setempat, akan dialihkan memenuhi syarat,” pungkasnya.

Seperti yang dikutip dari sindonews.com, Diketahui, Pemprov Sulsel pada seleksi CPNS tahun ini menerima kuota 195 formasi dalam penerimaan CPNS tahun ini. Ini terdiri atas formasi khusus cumlaude dengan alokasi 4 formasi, sedangkan khusus disabilitas sebanyak 4 formasi pula. Sementara formasi umum, ada 187 formasi yang terdiri dari tenaga kesehatan 74 formasi, tenaga teknis 113 formasi. (Selvi/PKL/net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================