SUKAJAYA TODAY – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor yang menjadi wilayah terdampak bencana banjir dan longsor, Selasa (7/1/2020) pagi.

Kunjungan ini merupakan kunjungan dadakan yang dilakukan Presiden. Berdasarkan agenda awal, orang nomor satu di Indonesia itu awalnya akan bertolak ke Kabupaten Lebak, Banten untuk melakukan peninjauan penanganan warga terdampak bencana banjir.

Namun di perjalanan, Presiden memutuskan untuk terlebih dahulu menyambangi Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, yang memang dilewati dalam perjalanan tersebut.

Informasi mengenai keinginan Presiden untuk meninjau Kecamatan Sukajaya disampaikan Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, yang mendampingi Presiden dalam perjalanan.

“Pak Yayat, Bapak Presiden ingin melihat Sukajaya. Jadi kita belok dulu,” ujar Sekretaris Kabinet Pramono Anung kepada wartawan.

Kecamatan Sukajaya sedianya dikunjungi Presiden pada Minggu (5/1/2020) lalu. Namun, kunjungan tersebut gagal lantaran faktor cuaca yang tidak memungkinkan helikopter yang ditumpangi Presiden untuk mendarat saat itu.

BACA JUGA :  Sah jadi WNI, Maarten Paes Target Main di Piala Dunia 2026

Dalam kunjungan ini, Presiden Jokowi langsung mengunjungi Kantor Desa Harkatjaya yang menjadi lokasi posko bantuan bagi warga setempat yang terdampak bencana banjir.

Presiden juga menyempatkan berinteraksi dan memberikan paket bantuan kepada warga terdampak bencana banjir dan longsor.

Dalam perjalanan menuju Kantor Desa Harkat Jaya tampak beberapa ruas jalan yang baru dibuka karena tertutup akibat longsor. Presiden juga sempat meninjau proses pembukaan akses jalan yang tertimbun longsor dan berlokasi tidak jauh dari kantor desa di tengah hujan yang mengguyur.

Kantor Desa Harkatjaya sendiri menjadi posko bantuan logistik untuk para pengungsi di SDN Sukajaya 03 yang berada persis di belakang kantor desa.

Para pengungsi berasal dari kampung-kampung yang terdampak banjir dan longsor, termasuk Kampung Sinar Harapan. Para pengungsi Kampung Sinar Harapan biasa mengambil bantuan logistik ke posko tersebut usai longsor maut menimbun perkampungan mereka.

BACA JUGA :  Nobar Timnas Indonesia, Dirut Tirta Pakuan: Dukung Perjuangan Anak Bangsa

Dalam kesempatan tersebut, Presiden juga memberikan bantuan uang tunai sebesar Rp100 juta kepada Pemerintah Desa Harkat Jaya melaui kepala desa setempat untuk memfasilitasi kehidupan para pengungsi.

Sementara diketahui, selepas dari Sukajaya, Presiden melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, untuk memastikan penanganan bagi para warga terdampak banjir di sana berjalan dengan baik.

Presiden didampingi Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menteri Sosial Juliari Peter Batubara, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Selain itu, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto, Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, serta Staf Khusus Presiden Arif Budi Manta juga nampak dalam rombongan tersebut. (Firdaus)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================