KOTAWARINGIN BARAT TODAY – Durian bakar menjadi salah satu kuliner yang sedang ngehits di Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah (Kalteng).

Para penjual durian dadakan ini menjual buah durian menggunakan mobil pikap di pinggir jalan Bundaran Pancasila dan sekitar Pasar IndraSari. Melimpahnya stok durian ini membuat para penjual mulai berinovasi untuk menarik para pembeli, yakni dengan menyuguhkan durian bakar.

Cara baru menikmati durian dengan cara dibakar ini kini mulai tren setelah stok durian melimpah di Pangkalan Bun. Pasokan durian mulai dari Kecamatan Aruta, Kobar, Kalteng hingga dari Kendawangan Kalbar.

BACA JUGA :  Dessert Lezat dengan Puding Jagung Manis Malaysia yang Lembut Legit

“Awalnya cara makan durian dengan dibakar ini dianggap hoaks. Namun ini nyata di Pangkalan Bun. Durian setelah dibakar menjadi pulen dan sangat nikmat. Apalagi dagingnya tebal,” kata seorang pembeli durian di sekitar Bundaran Pancasila, Vika, Minggu (12/1/2020) malam.

Sebelum disantap, durian dipanggang di atas bara api selama beberapa menit sampai duri-durinya kelihatan menghitam. Durian yang telah benar-benar masak kulitnya di bagian bawah akan membuka sedikit dan isi di dalamnya akan mengintip.

BACA JUGA :  Cemari Aliran Sungai Ciliwung, Gudang Bahan Baku Sabun di Kota Bogor Disegel

Kuliner durian bakar juga bisa dinikmati di Kelurahan Madurejo. Lurah Madurejo Sigiet Imam Mulia memaparkan, selain menciptakan kreasi kuliner durian bakar, tujuannya lainnya untuk meramaikan Pangkalan Bun Park dan mengumpulkan semua pedagang yang berjualan di bahu dan pinggir jalan agar Kota Pangkalan Bun menjadi rapi.

============================================================
============================================================
============================================================