BANDUNG TODAY – Polisi telah memeriksa dedengkot Sunda Empire-Earth Empire Nasri Banks. Dari pemeriksaan, pria yang memiliki jabatan Grand Prime Minister itu masih kekeuh dengan sistem kekaisaran. Kepada polisi, Nasri Banks juga mengakui beberapa kali bersama kelompoknya itu menggelar kegiatan di kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Dedengkot Sunda Empire Nasri Banks sudah diperiksa penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jabar pada Senin (20/1/2020) lalu. Dia diperiksa bersama satu anggota Sunda Empire lain berinisial A.

Baca Juga :  Pengurus PWI Sowan ke DPRD Kota Bogor

“Kalau NB saat diperiksa masih bersikukuh meyakini sistem Sunda Empire,” ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Saptono Erlangga Waskitoroso, Kamis (23/1/2020).

Selain memeriksa Nasri Banks dan seorang anggotanya, penyidik juga sudah meminta keterangan ahli sejarah hingga budayawan. Bahkan pihak Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang di kampusnya terdapat Isola dimintai keterangan.

Isola sendiri merupakan tempat digelarnya serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Sunda Empire.

“Dari keterangan pihak Isola, kelompok Sunda Empire memang benar melakukan kegiatan di Isola selama empat kali pada tahun 2019,” tuturnya.

Baca Juga :  Perangi Berita Hoaks, Ridwan Kamil Siap Bantu Percepatan Sertifikasi Wartawan

Erlangga menyatakan sejauh ini pihaknya masih mencari bukti-bukti yang berkaitan dengan unsur pidana dalam kemunculan Sunda Empire. Polisi akan melakukan gelar perkara guna menentukan status kasus kemunculan kelompok tersebut.

“Nanti penyidik akan melakukan gelar perkara menentukan dari konstruksi pidananya. Hasil keterangan, kita juga sudah minta saksi ahli sejarah dan pidana. Dari hasil gelar itu akan ditingkatkan penyidikan,” ucap Erlangga. (net)