TASMANIA TODAY – Hobi jalan-jalan membuat saya akhirnya berlabuh di kota kecil Tumbarumba, New South Wales, Australia, sejak awal Desember 2019.

Jika anak-anak muda Indonesia biasanya datang ke Australia untuk kuliah, maka saya bisa datang ke sini untuk bekerja di perkebunan blueberry.

Saya bisa datang dan bekerja di sini berkat program work and holiday visa (WHV) dari pemerintah Australia. Sederhananya, dengan WHV kita bisa cari uang sembari wisata.

kita bisa menetap selama setahun di Negeri Kanguru. Visa juga bisa diperpanjang sampai tiga tahun, namun dengan syarat tertentu.

Saya bukan satu-satunya turis yang bekerja di sini, karena ada banyak turis dari berbagai belahan dunia lain yang juga mengantongi WHV dan bekerja di perkebunan blueberry ini.

BACA JUGA :  Kolaborasi Antisipasi Krisis Iklim Melalui Penanaman Pohon di Wilayah Kabupaten Bogor

Pekerjaan saya di sini ialah memetik blueberry. Bisa bekerja sekaligus liburan tentu saja menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi saya. Di tambah lagi pemandangan di perkebunan ini sangatlah cantik.

Tapi keceriaan perkebunan lantas senyap sejak bencana kebakaran hutan melanda New South Wales hingga saat ini.

Kabar mengenai kebakaran hutan sebenarnya sudah terdengar sejak bulan Juli 2019, namun saat itu api belum mencapai perkebunan tempat saya bekerja.

Meski demikian, seluruh warga New South Wales sering mendapat SMS peringatan dari NSW Rural Fire Service mengenai pergerakan api.

BACA JUGA :  Kecelakaan Maut, Pelajar SMA di Brebes Tewas usai Terlindas Dump Truk

Musim panen, hari Natal, sampai perayaan Tahun Baru berlalu, barulah kebakaran hutan menyambangi perkebunan. Saya masih ingat betul bagaimana rasanya berada di tengah kepanikan tersebut.

Pagi itu, 31 Desember 2019 jam 08.00, seharusnya menjadi waktu dimulainya masa liburan yang dinantikan seluruh pekerja. Tiba-tiba ada SMS peringatan yang meminta penghuni Tumbarumba segera mengungsi, karena ada peringatan kalau api akan masuk ke kota.

Pekerja yang sudah punya rencana tahun baruan di Sydney atau Melbourne langsung memikirkan ulang rencananya. Beberapa ada yang langsung angkat tas dan menyelamatkan diri ke kota terdekat.

============================================================
============================================================
============================================================