JAKARTA TODAY – Kolesterol tinggi sering dijuluki ‘silent killer’ karena sering tak bergejala tapi berakibat fatal. Namun, meski tidak menunjukkan gejala khusus, orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi akan lebih mudah merasa lelah alias capek.

“Kadar kolesterol yang tinggi biasanya terdeteksi dari pemeriksaan darah bukan dari gejala yang dirasa. Dalam beberapa kasus, kolesterol total tinggi biasanya juga dapat menunjukkan gejala pada tubuh seperti cepat lelah, mengantuk, tengkuk berat sampai pegal, dan sakit kepala pada beberapa orang,” ujar Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur, kepada detikHealth, baru-baru ini.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Kamis 28 Maret 2024

dr Muliaman menambahkan, tengkuk kaku dan terasa pegal sering juga dialami penderita kolesterol tinggi di atas 200mg/dl. Cepat lelah juga bisa dikeluhkan oleh penderita kolesterol. Bahkan, kelelahan itu bisa terjadi tanpa adanya aktivitas olahraga sebelumnya.

“Ini terjadi karena suplai darah pada penderita kolesterol yang berkurang ke otak. Pembuluh darah alirannya terganggu karena penebalan pembuluh darah akibat kolesterol yang mulai menempel. Sementara pada orang yang berolahraga, bisanya lebih penumpukan asam laktat hasil metabolisme otot yang bekerja saat olahraga, jadi bukan karena aliran darah yang tersumbat,” jelasnya.

BACA JUGA :  Kecelakaan Beruntun 2 Truk CPO dan Mobil di Sijunjung Tewaskan 2 Sopir

Menurut dr Muliaman, untuk mengatasi kondisi ini pencegahan adalah hal yang paling dianjurkan. Periksa secara rutin kadar kolesterol. Jika Anda sudah di atas usia 40 tahun bisa periksa kadar kolesterol 1-2 kali setahun.

============================================================
============================================================
============================================================