JAKARTA TODAY – Badan Kepegawaian Negara (BKN) menemukan joki pada saat pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun anggaran 2019 pada hari ini. Tak tanggung-tanggung ada dua lokasi tes yang ditemukan joki peserta CPNS.

Penemuan pertama adalah terjadi di titik lokasi tes Kabupaten Gowa sekitar pukul 14.10 WITA. Penemuan tersebut bermula pada saat berlangsungnya registrasi peserta sesi ke-19 titik lokasi Kabupaten Gowa.

Joki yang kedua ditemukan pada saat pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Tana Toraja. Penemuan tersebut pada terjadi pada hari ini sesi 6.

BACA JUGA :  CLBK, Gerindra Kota Bogor Putuskan Koalisi Bersama PKB di Pilkada 2024

“Itu ketahuan di dua waktu berbeda. Iya hari ini semua,” ujar Kepala Sub Bagian Hubungan Media dan Antar Lembaga Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Diah Eka Palupi, Selasa (4/2/2020).

Untungnya kedua peserta tersebut langsung ditemukan oleh panitia instansi. Untuk kasus yang pertama di Kabupaten Gowa, panitia instansi pemda setempat berhasil menemukan kejanggalan di KTP dan Kartu Peserta yang dibawa oleh joki (pengganti) yang mana semuanya dipalsukan.

“Namun dengan sigap Panitia Instansi Pemerintah Daerah Gowa berhasil menemukan kejanggalan di KTP dan Kartu Peserta yang dibawa oleh Joki (Pengganti) semuanya dipalsukan. Disayangkan pelaku berhasil melarikan diri. Informasi diteruskan ke pihak yang berwajib (Kepolisian),” jelasnya

BACA JUGA :  Tak Terima Pacar Diganggu, Pemuda di Lampung Tengah Tusuk Remaja hingga Tewas

Pun juga yang terjadi untuk Joki yang ditemukan di Kabupaten Tana Toraja yang berhasil dengan sigap digagalkan oleh panitia. Saat ini joki tersebut sudah dilaporkan kepada pihak berwajib oleh panitia penyelenggara.

“Seorang peserta Tes Seleksi Kompetensi Dasar menggunakan CAT BKN. Dan joki tersebut sudah dilaporkan ke pihak yang berwenang,” jelasnya. (net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================