JAKARTA TODAY – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memimpin upacara pemberangkatan Satgas Garuda RI. Pasukan tersebut ditugaskan untuk membantu penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Australia.

Pasukan tersebut akan bertugas di Distrik Eden. Hadi mengatakan jika prajuritnya akan mengemban tugas rural fire service.

“Operasi ini adalah membantu rural fire service pada lapis kedua. Tugas-tugas di sana sudah kita assigment yaitu normalisasi jalan termasuk juga membereskan kayu-kayu atau puing yang menutup akses jalan,” ujar Hadi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (1/2/2020).

BACA JUGA :  Diduga Hanya Menegur, Pria di Probolinggo Dikeroyok 5 Pemuda hingga Babak Belur

Hadi mengatakan tidak menutup kemungkinan dirinya akan menambah pasukan TNI di sana. Pihaknya masih akan terus berkoordinasi dengan pemerintah Australia terkait hal tersebut.

Dalam sambutannya, Hadi menegaskan para prajurit untuk menjaga nama baik instansi dan negara. Dia menekankan jika tugas ini adalah tugas mulia.

“Saudara-saudara adalah duta-duta bangsa dan kemanusiaan. Tugas ini mulia yang penuh nilai kemanusiaan,” ujar Hadi.

BACA JUGA :  Minuman Segar, Es Doger Khas Betawi untuk Buka Puasa yang Nikmat

“Semoga Tuhan Yang Maha Esa menyertai setiap langkah di mana kita bertugas demi bangsa dan tanah air kita tercinta. Saya ucapkan selamat bertugas kepada para prajurit,” sambungnya.

Hadi menegaskan dalam Perjanjian Lombok tahun 2006, baik Indonesia dan Australia telah sepakat untuk saling membantu jika terjadi bencana di masing-masing negara. Dia juga mengingatkan jika selama ini Australia telah banyak membantu Indonesia ketika terkena musibah.

============================================================
============================================================
============================================================