JAKARTA TODAY – Kasus 01 dan 02 virus Corona (Covid-19) sudah diisolasi di RSPI Sulianti Saroso selama lebih dari sepekan. Namun, dari hasil pemeriksaan laboratorium, kasus 01 dan 02 masih dinyatakan positif Corona.

Direktur Medik dan Keperawatan RSPI SS, Dyani Kusumowardhani mengatakan secara klinis kondisi kedua pasien itu cukup baik. Dilihat dari segi kesehatan, menurutnya, tidak ada yang menunjukkan keanehan.

“Faktor dari dalam dia sendiri faktor lingkungannya. Kalau lingkungan kita sudah jaga betul nih. Pasien terisolasi, untuk daya tahan tubuh kami berikan asupan gizi yang baik, kalau melihat gejala klinisnya cukup baik, nggak berat,” kata Dyani, Selasa (10/3/2020).

BACA JUGA :  PVMBG Laporkan Gunung Marapi Erupsi Malam Ini

Dyani mengatakan kemungkinan ada faktor lain yang membuat hasil laboratorium pasien 01 dan 02 ini masih positif. Namun, pihaknya belum mengetahui pasti apa faktor tersebut.

“Mungkin ada faktor x lain yang membuat kuman masih ada di dalam tubuh mereka. Kita belum tahu persis. Faktor x dari si penderita,” ucapnya.

Ketika ditanya lebih lanjut apakah ada pengaruh secara psikologis dari pemberitaan saat kedua pasien itu dinyatakan positif corona, Dyani mengatakan hal itu mungkin terjadi. Tim dokter pun menurutnya pernah mendengarkan adanya tekanan dari kedua pasien itu.

BACA JUGA :  Atlet Skateboard Kabupaten Bogor Sabet Dua Medali Naschamp 2024

“Ya ada tapi tidak secara detail,” ujarnya.

Sebelumnya, Jubir Pemerintah terkait COVID-19 Achmad Yurianto mengatakan ada dua pasien yang diisolasi dinyatakan sudah negatif virus Corona. Dua pasien, Kasus 06 dan 14, dinyatakan negatif virus Corona setelah menjalani 5 hari isolasi.

Kasus 06 adalah ABK Diamond Princess, sementara Kasus 14 adalah seorang pria 50 tahun yang tertular virus Corona di luar negeri. (net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================