JAKARTA TODAY – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj meminta masyarakat tidak menolak pemulasaran jenazah pasien positif virus corona.

Menurutnya masyarakat tidak perlu khawatir sebab jenazah tersebut sudah ditangani sesuai dengan standar medis.

“Saya mengimbau kepada masyarakat, jangan menolak pemakaman jenazah yang meninggal akibat Covid-19,” kata Said, Rabu (1/4/2020).

Dalam ajaran Islam kata Said, setiap jenazah harus di hormati apalagi jenazah umat muslim. Karena itu setiap jenazah harus diperlakukan dengan baik.

BACA JUGA :  DPRD Provinsi Banten Apresiasi Implementasi Smart City di Kabupaten Bogor

“Dimandikan yang bersih dan suci, dikafani dengan syarat-syarat tertentu kemudian dikubur dengan penuh penghormatan, dengan penuh menghargai. Tidak boleh diremehkan atau mendapatkan penghinaan,” tuturnya.

Khusus untuk jenazah pasien Covid-19 tentunya pihak rumah sakit harus memastikan jenazah dalam keadaan aman untuk di kubur sesuai standar medis.

“Dibungkus plastik yang sudah betul-betul aman. Kemudian diantar ke keluarganya. Kemudian kita salati dan kita antar ke kuburan dan dimakamkan) dengan penuh penghargaan sesuai janazah muslim umumnya,” tuturnya.

BACA JUGA :  Hasil Uber Cup 2024, Tim Bulu Tangkis Indonesia Takluk dari Jepang

Bahkan kata Said setiap jenazah yang positif corona seharusnya didoakan agar mereka meninggal dalam keadaan mati syahid.

“Mari kita doakan, semoga orang yang meninggal karena virus Corona meninggal secara syahid dan kita mendapatkan pahala karena mengantarkan (dan memakamkan) janazah ke pemakaman dengan baik,” tutupnya. (net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================