CIBINONG TODAY – Pemerintah Kabupaten (pemkab) Bogor melirik dua rumah sakit yang berada di Kabupaten Bogor sebagai alternatif untuk pengujian diagnosis Covid-19. Setelah sebelumnya menunjuk laboratorium IPB.

Dua rumah sakit yang dimaksud yakni Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibinong dan RSUD Ciawi.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bogor Syarifah Sopiah membenarkan, pihaknya telah mengajukan surat kepada IPB.

Baca Juga :  Cara Membuat NPWP Secara Online dan Offline

Tujuannya agar pemeriksaan atau diagnosis pasien yang terjangkit Covid-19 tidak butuh waktu lama. Selama ini, sampel dari tes swab beberapa pasien mesti dikirimkan ke Jakarta. Hasilnya baru bisa ketahuan setelah beberapa hari.

Jika laboratorium IPB bisa dipakai, tentu akan memangkas waktu analisis untuk pasien Covid-19. Pasalnya, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) di Kabupaten Bogor tergolong cukup banyak. Bahkan, sebanyak sembilan pasien telah meninggal dunia sebelum terkonfimasi positif atau negatif Covid-19.

Baca Juga :  15 Tersangka Kasus Tawuran Dibekuk, Puluhan Senjata Tajam Disita

Meski begitu, Syarifah juga ingin memastikan seberapa besar kemampuan laboratorium IPB dalam satu hari. Jika jumlah sampel spesimen terlalu banyak, tentu pemkab Bogor tak bisa memaksakan terlalu jauh. Mereka tetap memperkirkan alternatif laboratorium lain di Bandung dan Jakarta.