BOGOR TODAY – Dunia teknologi memang saat ini sangat digandrungi oleh kaula muda, bahkan teknologi menjadi salah satu kebutuhan bagi pelajar. Untuk menjawab tantangan itu, SMA Negeri 1 Rumpin, Kabupaten Bogor, menciptakan suatu terobosan baru yaitu ekstrakulikuler (ekskul) broadcasting.

Ekstrakulikuler tersebut digagas dan didirikan oleh Arya Pradana Juhara SPd pada 2019 lalu. Selama satu tahun berdiri, ekskul broadcasting terus diperkenalkan kepada siswanya, hingga anak-anaknya dilatih supaya nantinya menjadi generasi penerus yang handal dan berkualitas.

Pelatihan ini pun, berlangsung di Desa Cibodas, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor selama dua hari (19-20 September 2020). Kegiatan yang dihadiri 22 peserta dari kelas X sampai XII itu pun diisi 7 pemateri yang handal dibidangnya, yakni Rezky Bayu Anggara yang menjelaskan materi tentang editing, Yusuf Ardabili tentang penyutradaraan, Arya Pradana Juhara tentang akting dan aktor, Helmi Abidarda tentang photografi, Herdiansyah Iskandar tentang KMO (kepemimpinan, manajemen, organisasi), Almi Pariza Rendriawan tentang perfilman, dan Rizki Muhamad tentang jurnalistik.

Baca Juga :  Humas Polda Metro Ungkap Penyebab Tergulingnya Helikopter Kemenhub

Arya Pradana Juhara mengatakan, tujuan didirikannya ekskul broadcasting di SMA negeri 1 Rumpin ini untuk menambah wawasan siswa siswi di dalam bidang jurnalistik, photografi, dan perfilman agar generasi muda menjadi paham cara memproduksi suatu kinerja dibalik layar dan yang paling penting tidak gaptek (gagap teknologi).

“Sehingga diharapkan kedepannya siswa siswi SMA Negeri 1 Rumpin dapat mengembangkan bakat atau minat kearah dunia broadcast sehingga dapat membanggakan orang-orang terdekatnya dan sekolah tentunya,” katanya kepada BogorToday.com.

Menurut Arya, menjadi seorang broadcast tidak mudah dan perlu adanya pelatihan. Untuk itu, diacara ini pun sekaligus mengadakan kegiatan plat caang (pelatihan calon anggota) atau biasa kita kenal penerimaan anggota baru.

Baca Juga :  Pesawat Milik Kemenhub Terguling di Tangerang

“Ini bertujuan untuk memberikan pembekalan materi kepada para calon anggota. Tema yang diangkat yaitu ‘Back To Nature, Start From Nature,’ yang artinya embali dari alam dan mulai dari alam,” ujarnya.

Ia berharap, kegiatan plat caang atau pelatihan calon anggota ini berjalan sukses dan dapat melahirkan anggota yang memiliki bakat-bakat baru yang dapat memajukan ekstrakulikuler broadcasting kedepannya. “Semoga ekskul broadcasting yang kita miliki semakin maju dan dapat bersaing dengan sekolah lain,” harapnya.

Selain kegiatan pemateri, diadakan juga kegiatan outbound serta pelantikan Ketua Umum yaitu Renita dan pengurus ekstrakulikuler brocasting SMA negeri 1 Rumpin light out brocast smaroe (lobs) masa jabatan 2020-2021 dan doa, sekaligus pemotongan nasi tumpeng untuk memeriahkan ulang tahun brocast SMA negeri 1 Rumpin light out brocast smaroe yang ke-1 tahun. (Heri)