BOGOR TODAY – Beberapa waktu lalu Kampung Sawah, Desa Sipayung, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor dihebohkan dengan kejadian keracunan masal. Ada sekitar 34 orang yang dilarikan ke Puskesmas setempat, karena mengalami mual muntah dan pusing setelah menyantap nasi pecel lelel dari rumah salah seorang warga yang mengadakan acara tahlilan.

“Kejadian keracunannya pada Minggu 17 Oktober lalu, dan pada hari yang sama juga sudah mendapatkan penanganan dari Puskesmas,” tutur Kepala Puskesmas Desa Sipayung, Asep Saepuloh.

Dia menjelaskan, dari 34 orang yang keracunan itu, 23 orang sudah kembali dipulangkan ke rumah masing-masing, sedangkan 11 orang masih di rawat di Puskesmas Desa Sipayung. “Ada satu orang balita yang kami larikan ke RSUD Leuwiliang. Tapi, sorenya sudah membaik dan dipulangkan ke rumahnya,” tutur Asep.

Kepala Desa Sipayung, Iyus membenarkan bahwa di desanya ada kejadian keracunan yang menimpa puluhan orang usai menyantap nasi dari acara tahlilan. Beruntung semua korban keracunan sudah sehat seperti sedia kala.

“Saya dapat infonya itu jam 5 sore hari Minggu dari salah satu staf desa. Setelah mendapat info itu, akhirnya saya terjunkan mobil siaga desa, tapi itupun tidak cukup karena yang keracunannya puluhan, akhirnya sebagian yang keracunan dibawa pakai motor,” beber kepala desa. (Surya)