BOGOR TODAY – Balai Pengelola Daerah Aliran Sungai Dan Hutan Lindung (BPDASHL) Kabupaten Bogor melalui Desa Bunar, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor  telah membagikan 60.000 Bibit Pohon kepada warga dan petani yang telah lolos seleksi sebagai penerima program bantuan bibit pohon.

“Program tersebut hanya untuk warga masyarakat yang bertani saja. Satu orang di berikan 100 pohon, dan setiap desa mendapatkan program bantuan dari  BPDASHL sebanyak 60.000 bibit pohon,” ujar Kepala Desa Bunar, Jajat Sudarjat saat ditemui dilokasi pembagian bibit pohon, Senin (19/10/2020).

Sebelum bibit tersebut di berikan ke petani untuk di tanam di masih – masing kebun atau lahan milik mereka (petani, red) terlebih dahulu pihak desa merawat bibit pohon bantuan tersebut selama tiga bulan.

“Untuk merawat bibit tersebut BPDASHL juga memberikan anggaran kepada desa yang menerima bibit itu masing- masaing sebesar 1 juta 200 ribu. Nah unag tersebut kami gunakan untuk member upah kepada yang merawat bibit sekaligus digunakan juga untuk membeli alat penyiram dan pupuknya juga,” tutur pria yang akrab disapa Jaro Jajat.

Jaro meminta kepada masyarakat atau petani yang menerima program bibit pohon agar merawat pohon tersebut dengan maksimal, sehingga hasilnya bisa dinikmati oleh warga dan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat.

“Saya hanya menyampaikan pesan dari pihak BPDASHL, bagi warga yang menerima bantuan bibit pohon agar diurus dengan baik. Jangan hanya minta-minta bibitnya saja, setelah diberikan bibit pohon tidak dirawat. Karena tidak semua warga bisa mendapatkan bantuan bibit pohon ini,” tegasnya.

Sementara itu, Idrus Darmansyah warga RW 05, Kampung Ciranggap, Desa Bunar, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor mengucapkan syukur Alhamdulillah karena telah menerima bantuan tersebut.

“Bantuan bibit ini sudah lama sekali saya tunggu-tunggu. Tentusaja saya berterimakasih telah diberikan bantuan bibit ini dan tentunya sangat bermanfaat bagi saya dan keluarga saya,” ucap Idrus sembari tersenyum bahagia usai menerima bantuan bibit pohon.

Rencannya, Idrus akan menanam bantuan bibit pohon tersebut di kebun miliknya. Dirinya mengaku memiliki lahan yang cukup luas untuk ditanam beberapa jenis pohon.

“Hamir rata-rata mayoritas warga di kampung saya bekerja sebagai petani atau berkebun termauk saya. Sudah pasti membutuhkan bibit pohon ini untuk saya tanam dan hasilnya bisa dinikmati keluarga saya,” tandasnya. (Surya)