BOGOR TODAY – Mensedekahkan tenaga dan waktu untuk perkembangan dan kemajuan generasi muda, menjadi cita-cita para pengurus Karang Taruna Tunas Madani, Desa Hambaro, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor.  

“Tidak bisa dipungkiri, saat ini teknologi merupakan kebutuhan utama baik masyarakat yang tinggal di perkotaan maupun jauh di pelosok desa. Hal itulah yang mendorong kami untuk mengajak warga kampung agar melek teknologim,” tutur Sekertaris Karang Taruna Kecamatan Nangung, Saddam Husain.

Kegiatan yang dilakukannya dengan teman-teman Karang Taruna, tujuan utamanya adalah mewujudkan Kampung Sibentang bebas buta huruf alquran dan mengenal teknologi komputer.

“Program ini adalah upaya Karang Taruna untuk membentuk generasi muda yang kuat dalam agama dan melek teknologi khususnya komputer,” ungkapnya.

Kegiatan yang digagas Karang Taruna Tunas Madani Desa Hambaro ini merupakan bentuk konkret Karang Taruna dalam bakti untuk desa, sehingga program tersebut pun diberi nama ‘Cahaya Sibentang’.

“Program ini dilaksanakan  rutin setiap hari jumat dan sabtu pukul 15.30 WIB di Kampung Sibentang, RW 09, Desa Hambaro Jumlah anak penerima manfaat program ini kurang lebih 50 orang, dari usia kelas 1 SD atau MI sampai usia kelas 2 SMP atau MTS,” kata Saddam.

Rencananya, program tersebut akan dilaksanakan di semua wilayah RW se-desa Hambaro secara bertahap, namun akan ada beberapa penyesuaian program tergantung pada kebutuhan dan kondisi serta karakteristik wilayah masing-masing.

“Program cahaya sibentang merupakan satu dari dua program prioritas Karang Taruna Tunas Madani Desa Hambaro. Selain program lingkungan dan cimapag bersih,” tuturnya.

Dia menambahkan, kendala yang dihadapi pihaknya yakni kurangnya alat untuk praktek belajar seperti computer maupun laptop, karena laptop yang tersedia hanya 5 sampai 7 unit milik Karang Taruna Tunas Madani Desa Hambaro.

“Kami sangat bersyukur jika ada lembaga, komunitas, atau organisasi yang secara sukarela ikut bergabung pada program ini. Mensedekahkan tenaga dan waktunya untuk perkembangan dan kemajuan generasi muda,” pungkasnya. (Surya)