BOGOR TODAY – Untuk menghijaukan kembali alam, berbagai program pun di lakukan pemerintah salah satunya melakukan penanaman pohon. Hal itu dilakukan Pemerintah Desa (Pemdes) Sukamaju, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor agar wilayah tersebut tetap asri dan tak mudah terjadi bencana alam longsor karena berkurangnya pepohonan.

“Program ini adalah salah satu bentuk penghijauan yang berada di Desa Sukamaju, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, karena desa kami selain memiliki lahan yang luas untuk ditanami juga dekat dengan taman nasional. Mengingat pada 1 Februaru 2020 lalu terjadi erosi, dengan kejadian tersebut untuk kita mulai melakukan penanaman pohon agar tidak kembali terjadi bencana erosi,” ujar Kepala Desa Sukamaju, Dahyudin, disela pembagian bibit, Jumat (23/10/2020).

Dahyudin menjelaskan, bibit yang dibagikan kepada warga maupun petani Desa Sukamaju merupakan pemberian dari Balai Pengelola Daerah Aliran Sungai Dan Hutan Lindung (BPDASHL) Kabupaten Bogor sebanyak 60.000 bibit pohon.

“Bantuan bibit pohon dari BPDASHL berupa bibit pohon Alpukat sebanyak 10.000, Jengjeng atau Sengon 20.000, Akasia 20.000 pohon, Petai 7.500, Sirsak 1.500, Terambesi 10.000 pohon,” papar pria yang akrab disapa DH itu.

Untuk mekanisme pembagian, sambung DH, pihak desa menyalurkanya ke setiap RW dan dilanjutkan ke tingkat RT hingga Kadus. Ada 14 RW, 42 RT dan 7 Kadus yang ada di Desa Sukamaju yang mendapatkan bantuan bibit pohon.

“Masyarakat yang akan mengambil bibit pohon itu terlebih dahulu berkoordinasi dengan RW, RT dan Kadus setempat, agar pembagian bibit pohon ini tepat sasaran dan nantinya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang memiliki lahan untuk ditanami,” kata dia.

DH menghimbau kepada masyarakat Desa Sukamaju agar memanfaatkan lahan kosongnya dengan menanam bibit pohon yang sudah disediakan pihak desa, karena Desa Sukamaju sangat membutuhkan penghijauan.

“Kami bersyukur adanya program dari BPDASHL, ini salah satu bentuk kepedulian terhadap lingkungan, apalagi mendekati musim hujan sangat cocok untuk menanam. Mudah –mudahan bantuan bibit pohon ini bermanfaat bagi masyarakat Desa Sukamaju,” pintanya.

Sementara itu, Sartoni warga RW 6 Dusun 2, Kampung Cigowong, Desa Sukamaju mengatakan, adanya program bibit pohon dari BPDASHL sangat membantu dan bermanfaat bagi warga maupun petani yang memiliki lahan tidur.

“Bantuan bibit ini sangat bermanfaat. Pohon yang berbuah bisa kita nikmati dengan cara memakan maupun menjualnya. Sedangkan pohon yang tidak berbuah seperti Jengjeng kayunya bisa kita jual dan uangnya bisa kita manfaatkan untuk keperluan rumah tangga,” pungkas Sartoni. (Dede Surya)