BOGOR TODAY – Masih ada pelaku usaha produsen tahu yang masih mengalami peningkatan pesanan meski dimasa pandemi Covid-19, yaitu UMKM industri tahu di Kawasan Sukaraja, Kabupaten Bogor.

Saeful Rohman selaku pemilik Produsen Tahu Enjoy mengungkapkan, dampak dari pandemi Covid-19 produksi tetap berjalan untuk memenuhi kebutuhan pasar. Tak hanya dari permintaan pasar yang meningkat, jumlah reseller yang kian bertambah seiring banyaknya pekerja yang diberhentikan karena terdampak.

“Pesanan tetap ada, tapi secara keseluruhan masih berjalan lancar dan masih ada perkembangan sedikit, walaupun terdampak tetapi tidak mempengaruhi produksi,” ungkap Saeful kepada Bogortoday, Selasa (6/10/2020).

Menurut Saeful, selama satu tahun ini  tahu enjoy telah di produksinya, bahkan perharinya bisa memproduksi 1000 bungkus tahu dengan bahan 3 kuintal kacang kedelai hanya dengan dukungan empat orang pekerja.

Iapun mengatakan, banyak pembeli yang membeli tahu langsung mendatangi ke pabrik. Seiring waktu, pabrik tahu miliknya kini sudah mulai dikenal dan menyebar ke seluruh masyarakat luas.

“Sejauh ini demi menjaga kwalitas tidak menggunakan bahan pengawet sedikitpun, itu yang kita utamakan kwalitasnya. Saat ini sudah berjalan produksi tahu keju dan telor, bahkan kedepannya bakal memproduksi tahu organik,” katanya.

Saeful menambahkan, tahu yang dibuatnya hanya mencakup 30 persen di wilayah Jabodetabek, lebih banyak disalurkan ke konsumen masyarakat kemudian masuk pasar-pasar tradisional saja bahkan dirinya mengaku akan mendistribusikan ke restoran, hotel dan mall. (Adit)