BOGOR TODAY – Jelang lawatan Perdana Menteri Jepang Yoshihida Suga ke Indonesia (Bogor) ribuan personel gabungan yang terdiri dari TNI dan Polri telah bersiaga di seputaran Istana Kepresidenan Bogor, Jalan Ir. H. Djuanda, Kota Bogor, Selasa (20/10/2020).

Informasi yang diperoleh Yoshihida Suga dan Rombongan akan tiba di Indonesia pada pukul 13.20 WIB nanti.

Berikut agenda rencana kunjungan PM Jepang yang diperoleh dari protokol kepresidenan saat rapat gabungan di Makorem 061 Suryakencana, Senin (19/10/2020) kemarin :

Pukul 13.20 WIB Kedatangan Perdana Menteri dan Pasangan di Soekarno-Hatta International Bandara, Jakarta dengan pesawat khusus Boeing 777-300 disambut oleh (TBC).

Kemudian, pada pukul 13.40 WIB PM Jepang dan rombongan berangkat menuju Hotel Fairmonth, Senayan, Jakarta disambut oleh General Manager (GM) serta perwakilan kedutaan.

Pukul 15.00 WB PM Jepang beserta delegasi terbatas berangkat menuju Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat dan diperkirakan akan tiba di Istana Kepresidenan Bogor pukul 15.45 WIB di sambut jajar kehormatan dan iring-iringan pasukan berkuda diiringi lagu kebangsaan serta diikuti tembakan meriam sebanyak 19 kali.

Di sela acara kenegaraan tersebut, dijadwalkan tamu negara diajak berkeliling Kebun Raya Bogor.

Sementara pantauan wartawan di lokasi, pada pukul 11.10 WIB akses sepanjang Istana Bogor ditutup menggunakan kendaraan taktis (rantis) milik Brimob dan kawat berduri, serta dijaga ketat petugas. Sejumlah arus lalulintas pun dialihkan.

Pengguna jalan pun diminta memutar balik menggunakan akses jalan lain. Kendaran dari arah Jalan H. Juanda yang hendak menuju Jalan Sudirman dan Jalak Harupat, dialihkan ke arah pertigaan Hotel Salak-Kejaksaan menuju ke Jalan Pengadilan keluar Jalan Sudirman.

Sementara dari arah BTM kendaraan dialihkan ke Paledang dan Kapten Muslihat menuju Stasiun Bogor.

Sedangkan dari arah Air Mancur yang hendak ke Sempur melalui Jalak Harupat, diimbau putar balik ke Jalan Pemuda GOR Pajajaran menuju Warung Jambu. (B. Supriyadi)