BOGOR TODAY – Kelurahan Pakuan yang dikomandoi Arief Hidayat dinilai sukses memberikan edukasi kepada warganya dalam membangun wilayah. Hal itu terlihat saat Pokja 3 TP PKK Kota Bogor melakukan penilaian Bogor Hejo di RW04, Kelurahan Pakuan, Bogor Selatan, Kota Bogor, Selasa (17/11/2020).

Pokja 3 TP PKK Kota Bogor melihat kesadaran masyarakat di dalam memelihara lingkungannya sudah terbangun dengan baik, karena wilayahnya sudah tertata rapi, mulai dari pemanfaatan pekarangan, pengolahan sampah, hingga inovasi-inovasi yang ada di wilayah tersebut.

“Kami datang ke sini untuk memberikan penilaian lomba Bogor Hejo tingkat kota dan kami melihat Kelurahan Pakuan sudah memenuhi kriteria, karena bisa kita lihat di sini sudah tertata rapi, dindingnya di percantik dengan hiasan-hiasan alam, kemudian warganya sudah bisa memanfaatkan pekarangan, begitu juga dengan KWT-nya yang aktif menjaga lingkungan dan pengolahan sampahnya sudah bagus,” kata Ketua Pokja 3 TP PKK Kota Bogor, Diah kepada Bogor Today.

Menurut Diah, hal ini tentu harus dipertahankan dan harus lebih ditingkatkan lagi, karena manfaatnya untuk bersama. “Jadi, semangat ini harus tetap dijaga, jangan berhenti sampai di sini dan berharap pekarangan-pekarangan yang ada di sini diperbanyak lagi tanamannya,” ujarnya.

“Apalagi di masa pandemi ini kan banyak orang-orang di rumah sehingga lebih banyak waktunya untuk melakukan inovasi, terutama dalam menjaga lingkungan yang lebih baik lagi,” tambahnya.

Ia menjelaskan, bahwa lomba Bogor Hejo ini memang salah satu program TP PKK Kota Bogor yang selalu dilaksanakan setiap tahun, dimana tujuannya itu untuk mengajak masyarakat supaya bisa membangun dan menjaga lingkungannya menjadi lebih asri dan hijau, yang tentunya dibina oleh TP PKK yang ada di wilayah.

“Nah, untuk pesertanya itu diikuti enam kecamatan dan Kelurahan Pakuan mewakili Bogor Selatan. Untuk hasilnya nanti kita umumkan di bulan Desember,” terangnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kecamatan Bogor Selatan, Yunita Rahmawati mengatakan, bahwa dirinya sangat mendukung dengan adanya lomba seperti ini. Sebab, melalui kegiatan ini warga jadi tahu apa itu program hatinya PKK.

“Kami sangat mendukung program Bogor Hejo ini karena sangat besar sekali manfaatnya untuk warga, warga jadi lebih paham, bisa memanfaatkan potensi yang ada, kemudian bisa menghijaukan lingkungan dan bisa meningkatkan ketahanan keluarga, ketahanan pangan terutama di saat pandemi ini warga bisa memanfaatkan pekarangan meskipun sederhana tapi mereka bisa menaman berbagai tanaman toga dan lainnya jadi besar sekali manfaatnya,” katanya.

Ditempat yang sama, Lurah Pakuan Arief Hidayat menjelaskan, dipilihnya RW04 untuk mengikuti lomba Bogor Hejo karena di kelurahan Pakuan yang baru terbentuk KWT itu baru di RW04, kemudian program KWT, dasawisma, dan juga warganya semuanya sudah berjalan.

“Sebetulnya RW lain juga sudah berjalan, tapi KWT-nya belum terbentuk, sehingga kami pilih RW04 karena di sini sudah terbentuk dan juga ada lahannya,” ujarnya.

Lanjut Arief, kontestan yang mengikuti lomba ini tentunya ingin menjadi yang terbaik, namun menurutnya kalah menang itu merupakan hal biasa dan jika menang itu bonus. Tetapi dirinya melihat tujuan itu bukanlah tujuan utama, yang ia harapkan ialah konsistensi dan keguyuban warganya tetap dijaga.

“Bagi kami sih menang kalah itu hal biasa, yang saya harapkan keguyuban dan sinergitas yang saat ini terbangun tetap terjaga sampai kapanpun, sehingga program KWT dan keasrian wilayah menjadi tolok ukur kita dalam membangun wilayah,” pungkasnya. (Heri)