BOGOR TODAY – Akhir Desember tahun ini (2020) tempat isolasi bagi pasien Orang Tanpa Gejala (OTG) Kota Bogor di Badan Narkotika Nasional (BNN) Lido, Kabupaten Bogor, habis masa kontraknya.

Dengan demikian, Pemerintah Kota Bogor bakal menentukan rekomendasi hotel sebagai pusat isolasi pasien OTG.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah, menyebut Pemkot Bogor diminta untuk merevisi draft usulan yang diberikan ke Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jawa Barat. Meski revisi itu memang tidak ditargetkan, alasannya saat ini masih memiliki kontrak dengan BNN Lido.

Jika pada 2021 nanti kondisi Covid-19 di Kota Bogor belum membaik, Syarifah menegaskan tidak menutup kemungkinan beberapa hotel di Bogor bakal diperbantukan.

Menurut dia, dalam draft usulan terdapat sejumlah poin yang harus diperbaiki. Juga terkait skema pembiayaan. Jika semua syarat dan ketentuan sudah dilengkapi, maka Pemkot lewat Inspektorat nantinya akan mengembalikan berkas itu ke BPKP.

“Masih proses, belum ada kepastian. Karena kita diminta merevisi, karena dalam menentukan satuan harga menggunakan dana dari BNPB,” katanya, Senin (23/11/2020).

Hasil sementara, Pemkot diminta memperbaiki rencana biaya untuk hotel. Alasannya, karena pihak hotel juga diminta untuk mengeluarkan minimum charge selama tiga bulan.

“Tidak ada perubahan soal hotel yang sudah dipilih. Hanya saja memang ada perubahan dalam RAB yang harus menyantumkan minimum charge tersebut,” tutupnya.

Sebelumnya, Pemkot Bogor menyiapkan satu hotel berkapasitas 300 kamar khusus isolasi mandiri pasien Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19. Namun kelayakan hotel akan terlebih dahulu dinilai Satuan Tugas (Satgas) Nasional.

Kemudian untuk pengawasan dan pengendalian nanti akan dibantu oleh unsur TNI dan Kemenkes. TNI akan mengawasi IPAL, Amdal dan lain-lain. Sementara, Kemenkes akan melakukan pelatihan kepada karyawan-karyawan hotel, meski sebagian besar akan diisi tenaga medis dalam penanganannya.

Dari 21 Rumah sakit yang ada di Kota Bogor sudah 49 persen terisi. Sementara di gedung BNN Lido, Kabupaten Bogor ada 122 kamar, sudah terisi 39 kamar pasien isolasi mandiri OTG. (B. Supriyadi)