BOGOR TODAY – Banjir bandang yang melanda Desa Tugu Selatan, Kawasan Puncak Cisarua, Kabupaten Bogor, saat ini telah di evakuasi oleh pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor.

“Saat ini lokasinya sedang dibenahi juga supaya tidak ada genangan air dan penumpukan sampah,” kata Bupati Bogor Ade Yasin saat ditemui wartawan di Pendopo, Selasa (19/1/2021).

Peristiwa Banjir bandang tepatnya di Kampung rawadulang RT02/03, Desa Tugu Selatan itu terjadi pada, Selasa (19/1) pukul 09.00 WIB.

Ade mengatakan, penyebab terjadinya longsor tersebut masih menunggu laporan apakah itu akibat dari pengelupasan dikawasan hutan PTPN atau kebun teh.

“Saya belum secara resmi atau lengkap mendapatkan informasi, tapi yang jelas selamatkan dulu masyarakat, evakuasi dulu setelah itu baru yang lain-lain,” tegasnya.

Iapun mengungkapkan, Pemkab beserta BPBD dan Tagana juga beberapa tim terkait bencana telah melakukan langkah pertama yaitu mengevakuasi masyarakat, setelah itu untuk memuali mengevakuasi barang berharga lainnya.

“Untuk korban nyawa tidak ada hanya ada sekitar 400 warga yang di evakuasi, karena ini masa pandemi juga dan tidak boleh berkerumun dalam satu aula, jadi kita siapkan tempat yang memang cukup untuk mereka beristiraha. Tempat untuk penampugan sementara ini disatu pabrik dan mesjid yang ada disekitar, kita upayakan juga Prokes dengan memakai masker,” ungkapnya.

Untuk disiagakan mitigasi bencana, Ade Yasin mengantisipasi kepada tim BPDB dan beberapa relawan Tagana termasuk juga tim tagana desa untuk bersiap lebih kepada pencegahan dari pada penanganan

“Tapi kalau sudah terjadi mereka harus sigap utk cepat menangani yg penting pesan saya selalu nyawa manusia dulu yang diselamatkan,” pungkasnya. (Adit)