BOGOR TODAY – Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim yang merupakan orang penerima pertama mendapatkan vaksin COVID-19 menceritakan berbagai langkah sebelum akhirnya di suntik vaksin oleh petugas kesehatan di halaman Puskesmas Tanah Sareal, Kota Bogor.

Dedie menjelaskan, sebelum di vaksin ada beberapa proses yang sudah dirancang, yang pertama tentunya undangan. Menurut dia, undangan tersebut datang dari SMS 1199, kemudian dirinya meregistrasi ulang dan mendapat jawaban semacam barcode.

“Di situ ada keterangan kapan dan dimana pelaksanaan vaksin dilakukan. Kemudian kita datang ke lokasi pelaksanaan vaksin dan mencuci tangan, setelah itu mendaftar dan menunggu di bangku yang sudah disiapkan,” kata Dedie kepada wartawan usai divaksinasi, Kamis (14/1/2021).

Lanjut Dedie, usai mendaftar dirinya diperiksa administrasi dan yang ditanya petugas ialah KTP dan Undangan. Kemudian dilanjutkan pemeriksaan tensi darah dan ada wawancara terkait apakah ada gejala.

“Setelah itu, barulah vaksin tersebut disuntikkan ke tubuh kita di bagian lengan atas, tetapi sebelumnya kita menunggu dulu selama 30 menit,” terangnya.

“Jadi, proses pelaksanaan vaksinasi ini semuanya sudah sesuai dengan simulasi yang beberapa lalu dilaksanakan, yang dihadiri langsung oleh Presiden Jokowi dan juga Wali Kota Bogor Bima Arya,” tutupnya. (Heri)