BOGOR TODAY – Vaksin COVID-19 Sinovac tiba Kota Bogor, Selasa (12/1/2021) siang. Vaksin dari perusahaan Cina itu tiba sekitar pukul 14.00 WIB, dan langsung dibawa ke ruang Labkesda Dinas Kesehatan Kota Bogor, Jalan Kesehatan, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor.

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, vaksin yang baru saja tiba di Kota Bogor ini merupakan vaksin tahap pertama, dengan jumlah sebanyak 9160 vaksin. Dan vaksin ini akan diberikan kepada tenaga kesehatan (nakes), karena memang nakes ini yang diprioritaskan di tahap pertama.

“Nanti tanggal 14 Januari (lusa) secara seremoni akan diberikan kepada 10 penerima, diantaranya yang pertama ialah Wakil Walikota Dedie Rachim, kemudian, forkopimda, ketua MUI, direktur rumah sakit dan kadinkes, sehingga sisanya sebanyak 9150 vaksin akan diberikan kepada tenaga kesehatan yang tersebar di 64 fasilitas kesehatan, seperti rumah sakit, puskesmas dan klinik,” kata Bima Arya kepada wartawan.

Politisi PAN ini memastikan, bahwa vaksin ini aman digunakan, karena sudah ada emergency use exit dari BPOM yang menyatakan lolos dan aman. “Jadi, saya kira kita berpegangan kepada itu,” tegasnya.

Sementara itu, Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mengatakan, bahwa pihaknya akan membantu pengamanan vaksin yang saat ini ada di Dinkes Kota Bogor selama 24 jam sampai nanti semuanya terdistribusikan kepada tenaga kesehatan.

“Dalam pengamanan ini kita akan tempatkan personel di sini, termasuk siber patrol terhadap isu-isu hoax terkait dengan adanya vaksin ini,” ujar Susatyo.

“Kita ingin masyarakat aman dan nyaman, pikirannya tidak terganggu dengan berita-berita hoax yang bisa membuat masyarakat pesimis, kita harus bangun pikiran sehat dari masyarakat kita di Kota Bogor ini,” tambahnya. (Heri)