BOGOR TODAY – Pandemi masih berlangsung hingga saat ini, tentunya memberikan tantangan tersendiri bagi sektor pendidikan, dimana kegiatan tatap muka diganti dengan kegiatan virtual untuk mencegah adanya penyebaran virus Covid-19.

Menjawab tantangan tersebut, PT Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk unit Citeureup, Bogor melaksanakan webinar yang bertajuk “Pelatihan Dasar Teknik Sepeda Motor” sebagai bagian dari kegiatan vokasi Indocement.

Dalam webinar tersebut, Indocement yang diwakili CSRSD Manager, Gadang Wardono. Dirinya  mengungkapkan bagaimana program CSR Indocement terus berinovasi ditengah kondisi pandemic ini. Harapannya, agar siswa SMK Budiniyah dapat memaksimalkan webinar tersebut untuk menggali ilmu yang sebanyak-banyaknya dari ketiga narasumber webinar serta menjadi added value untuk pembelajaran siswa SMK.

“Pelatihan dilaksanakan atas kerjasama dengan Gerakan Masyarakat Mandiri (GEMARI). Nah, GEMARI sendiri adalah suatu program dari CSR Indocement dibidang pelatihan dan plasma teknik sepeda motor yang dimana pengelolaannya adalah mitra dari desa mitra Indocement Kompleks Pabrik Citeureup,” ujar CSRSD Manager, Gadang Wardono, beberapa waktu lalu.

Kegiatan yang melibatkan instruktur berpengalaman yang terbiasa memberikan edukasi pelatihan teknik sepeda motor di GEMARI yakni, Suhendar putra daerah dari salah satu desa mitra Indocement dari Desa Lulut dan juga instruktur praktek Bapak Teguh.

“Webinar ini diikuti oleh siswa kelas X dan XI SMK Budiniyah. SMK Budiniyah sendiri merupakan salah satu SMK yang bekerjasama  dengan Indocement  dalam halvokasi,” bebernya.

Dia menjelaskan, tujuan dilaksanakan webinar ini agar peserta dapat mengetahui teori dasar-dasar teknik sepeda motor seperti, konstruksi sepeda motor dan pengenalan sistem FI (Fuel Injection).

“Kemudeian, peserta dapat mengetahui secara langsung bagian konstruksi sepeda motor melalui peragaan alat. Dan peserta dapat mengetahui unsure keselamatan dan kesehatan kerja (K3) yang dapat diterapkan dalam praktek teknik sepeda motor,” jelas dia.

Selain mendapatkan materi mengenai teknik dasar motor, peserta juga memperoleh pengetahuan mengenai pelaksanaan K3 dan bulan K3 yang saat ini sedang berlangsung di Indocement melalui narasumber Totok Tri Santosodari bidang Safety Department Indocement.

“Kegiatan ini diapresiasi dengan sangat baik oleh guru dan siswa SMK Budiniyah, mengingat materi yang dipaparkan sangat aplikatif di dunia industry dan langsung dipandu olehi nstruktur yang sudah pengalaman dalam bidang otomotif,” imbuhnya.

Indocement berharap, kedepannya industry besar lainnya, khususnya di Kabupaten Bogor,dapat turut berkontribusi pada peningkatan SDM muda melalui kegiatan vokasi ke SMK-SMK di sekitar lokasi industri, sehingga SDM muda Indonesia akan siap terjun keindustri dan bersaing secara global. (Iman R Hakim/ *)