BOGOR TODAY – Vaksin tahap dua untuk Kabupaten Bogor telah tiba di gedung Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor, Rabu (24/2/21). Meski demikian, jumlahnya hanya 7730 vial vaksin yang diperuntukan bagi tenaga kesehatan (nakes) dan pelayan publik seperti TNI, Polri dan Satpol PP.

“Jumlah vaksin ada 7730 vial tiba dan sudah aman di kita, nanti untuk Nakes yang pada tahap satu belum. Kemudian ditambah pelayan publik baik itu TNI, Polri dan Satpol PP,” ujar Sekretaris Dinkes Kabupaten Bogor drg. Achmad Zaenudin.

Ia menyebut, terdapat 18.760 nakes di Kabupaten Bogor. Sedangkan dalam vaksinisasi tahap pertama baru diberikan kepada 12.800 nakes. Sehingga sisanya akan dilakukan vaksinisasi mulai besok.

“Untuk jadwalnya, sisa nakes akan divaksin mulai besok serentak selama dua hari, sehingga minggu ini sudah selesai,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, bahwa vaksin tahap dua kali ini berbeda dengan sebelumnya. Bila tahap pertama merupakan single dus dengan peruntukan 1 vial 1 orang. Kali ini, vaksin datang dengan multi dus, dengan indeks pemakaian 1 ampul untuk 9 orang.

“Kita mendata kebutuhan tahap dua ini ada sekitar 34 ribu dari 7730 vaksin. Jadi sasaran vaksinisasi ada 34 ribu. 4 ribu untuk sisa Nakes dan 30 ribu untuk pelayan publik di masing-masing komando mereka seperti Mapolres, TNI AU dan Kodim,” pungkasnya. (Adit)