BOGOR TODAY – Ratusan unit rumah di Perumahan Grand Mekarsari Residence, Cileungsi, Kabupaten Bogor terendam banjir. Akibatnya Sebagian warga mengungsi karena dikhawatirkan volume air semakin tinggi.

Komandan Regu (Danru) Damkar Unit Cileungsi, M. Rivaldi mengatakan air mulai memasuki kawasan perumahan sejak pukul 05.00 WIB dengan ketinggian air mencapai 60 hingga 80 cm.

“Sebagian sudah mulai ada yang diungsikan dengan perahu karet, dominan yang memiliki anak -anak,” katanya kepada wartawan, Jumat (19/2/2021).

Dengan begitu, pihaknya mengimbau kepada warga yang letak rumahnya berada di dataran rendah untuk segera mengungsi ke tempat yang lebih tinggi dan mengamankan barang berharganya.

Sementara, Kapolsek Cileungsi Kompol Andri Alam Wijaya menerangkan banjir menerjang Perumahan Grand Mekarsari Resident Cluster Jack Fruit RT 01/01 Desa Mekarsari, Kecamatan Cileungsi tinggi air kurang lebih satu meter.

Selain itu, sambung Andri Perumahan Cileungsi Hijau RT 04/14 Desa Cileungsi Kecamatan Cileungsi dengan ketinggian air mencapai 20 sentimeter dan terakhir Perumahan Pondok Damai RT 03, RT 04, RT 05, RT 06, RT 07 dan RT 08 RW 12 Desa Cileungsi Kidul Kecamatan Cileungsi Kaupaten Bogor.

“Jumah yang terendam diperkirakan 100 rumah dengan ketinggian air masuk rumah 20 sentimeter dan ketinggian air di jalan mencapai 60 sentimeter,”papar Andri.

Hingga saat ini tim gabungan Musyawarah Pimpinan Kecamatan (muspika) Cileungsi dan BPBD Damkar masih terus lakukan evakuasi terhadap warga yang masih bertahan dirumah. (B. Supriyadi)