BOGOR TODAY – Sejumlah pengendara di Jalan Rangga Mekar, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor diberhentikan petugas lantaran kedapatan tidak menggunakan masker.

Penindakan tersebut dilakukan aparatur kelurahan Rangga Mekar bersama kader dan tenaga medis puskesmas saat sosialisasi pencegahan Covid-19 di wilayahnya, Rabu (24/2/2021) siang.

“Iya, tadi kita melakukan sosialisasi dan edukasi pencegahan Covid-19, kemudian kita juga menemukan sejumlah pengendara melanggar protokol kesehatan (tak pakai masker) dan langsung kita berikan masker,” kata Plt Lurah Rangga Mekar, Jaelani kepada Bogor Today.

Selain memberikan masker, pihaknya pun menyampaikan edukasi dan pemahaman tentang pentingnya hidup disiplin. “Sekarang ini wabah covid di Kota Bogor terbilang masih cukup tinggi, jadi tadi saya sampaikan kepada masyarakat untuk selalu menerapkan 5 M, yaitu menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas dan menjaga jarak,” ujarnya.

Secara umum, kata Jaelani, masyarakat yang ada di wilayahnya sudah tertib dan mematuhi protokol kesehatan. Meski begitu, war-war atau sosialisasi ini akan terus dilakukan secara masif, mengingat saat ini wilayahnya berada di zona kuning.

“Kalau saya lihat rata-rata warga Kelurahan Rangga Mekar sudah tertib ya, dan tadi yang kita temukan pelanggaran itu masyarakat diluar Rangga Mekar,” katanya.

Ia menambahkan, selain sosialisasi pihaknya juga melakukan langkah-langkah preventif lainnya, termasuk memberikan support kepada masyarakat yang terpapar covid dengan cara memberikan paket sembako.

“Saat ini wilayah kami berada di zona kuning, karena masih ada beberapa warga yang terkonfirmasi positif dan kita support, kita beri bantuan berupa paket sembako bagi masyarakat yang tengah menjalani isolasi mandiri,” pungkasnya. (Heri)