BOGOR TODAY – Rektor Universitas IPB, Arif Satria menyebut terdapat tiga tantangan utama kota yang harus dihadapi sama-sama di tengah masa pandemi Covid-19. Pertama digitalisasi, urban farming dan sosial ekonomi.

Dengan tantangan tersebut, pihaknya akan terus mendorong dan berkolaborasi dalam pengembangan smart city untuk mengatasi revolusi distribusi 4.0. Salah satunya dengan mengembangkan green city untuk mengatasi masalah lingkungan dan sebagainya.

“Masalah demograpy ini merupakan masalah yang sangat penting untuk dicermati karena kota akan terus tumbuh dan penduduk akan semakin meningkat dan problem lingkungan akan menjadi publikasinya,” ucap Arif, usai menghadiri penanaman pohon bersama Apeksi di lapangan Sempur, Sabtu (6/3/2021).

BACA JUGA :  Diduga Hanya Menegur, Pria di Probolinggo Dikeroyok 5 Pemuda hingga Babak Belur

Persoalan tantangan sosial ekonomi, sambung Arif hal itu perlu adanya dorongan yang kuat agar aktifitas-aktifitas ekonomi produktif dapat mensejahterakan masyarakat. Seperti urban farming lalu aktifitas anti stunting serta masalah keamanan pangan (food safety) para Pedagang Kaki Lima (PKL)

Dengan demikian, keamanan pangan telah menjadi keniscayaan karena konsumsi pangan hari ini akan menentukan nasib masyarakat 20 hingga 30 tahun kedepan. Hal itu juga berpengaruh terhadap pertumbuhan anak-anak.

Menurut Arif, keamanan dan kualitas pangan masyarakat kota itu sudah menjadi keniscayaan. Dimana kota-kota yang berada di Indonesia
hampir semuanya memiliki kampus yang otomatis mendukung kegiatan dan program serta visi para wali kota.

BACA JUGA :  Pasar Jambu Dua dan Pasar Gembrong Sukasari Dicanangkan Jadi Pasar Bersih

“Karena itu kita berusaha untuk berkolaborasi dengan para wali kota seluruh Indonesia. Sehingga kita betul-betuk bersinergi. Jika masalah perkotaan selesai, mudah-mudahan masyarakat Indonesia juga bisa kita selesaikan,” tuturnya.

Di sisi lain, pria kelahiran Pekalongan 49 tahun silam itu menambahkan persoalan pemulihan para pelaku Usaha Menengah Kecil Mandiri (UMKM) harus adanya terobosan yang luar biasa dengan bagaimana merumuskan sebuah desain untuk kenagkitan UMKM.

============================================================
============================================================
============================================================